Tutorial Cara Membuat dan Verifikasi Akun Email Baru Gmail

Kenapa Kamu Perlu Email?

Saat kamu menggunakan internet,untuk mendaftar apapun maka kamu akan diminta email, yap email di dunia internet merupakan media standar untuk berkomunikasi secara dasar/pokok (Semua berawal dari email). Email digunakan untuk mendaftar apapun mulai dari mendaftar IM (seperti yahoo messenger,telegram,BBM,Line.dll),social media (facebook,tweeter,instagram),Forum,marketplace (buka lapak,tokopedia,shopee),game dan lain sebagainya.Segeralah membuat email baru jika kamu belum punya sebagai modal berinternet.

Jangan Sampai Lupa akun Email- Jadi jika kamu ingin menggunakan fasilitas yang ada di internet maka syarat untuk bisa mendaftar adalah dengan mempunyai  email.Saat membuat email baru,akun email harus diingat dan tidak boleh lupa  karena jika kamu lupa akun socmed,IM,marketplace dll bisa dikirim ke email mu(recovery akun).

Jangan gunakan username dan password yang sama dengan email- Jika kamu mendaftar layanan internet (IM,Game,socmed,forum,dll) menggunakan email mu,alangkah baiknya jangan mendaftar menggunakan username dan password (akun) yang sama dengan yang digunakan untuk email,hal ini merupakan salah satu cara mengamankan akun email dan layanan internet yang kamu daftar.

Kenapa pilih Email Google /Gmail?

Banyak penyedia layanan email diluar sana, namun saya menyarankan agar kamu membuat email baru (akun google),karena layanan email google/gmail jauh lebih bagus dan populer dibandingkan dengan layanan email lain.
Akun google lebih dari sekedar akun gmail namum dengan membuat akun google kamu bisa mengakses dan menggunakan semua fasilitas yang disediakan oleh google mulai dari email(gmail),youtube,google drive,google webmaster,google analytic,google adsense,google adword,gooogle map,android,google playstore dll.

Cara Membuat/Daftar Akun Email Gmail Baru

Istilah membuat email batu/akun gmail sebenarnya salah kaprah/kurant tepat,karena saat kamu mendaftar akun gmail, kamu sedang mendaftar akun google dan akun google yang kamu buat bisa digunakan untuk mengakses semua layanan yang disediakan oleh google.

  1. Buka www.gmail.com >more option >Create Account/buat akun
    Kamu bisa mengubah bahasa ke indonesia pada menu yang disediakan [A]
    memulai proses membuat email baru gmail
  2. -Isikan data-data yang diperlukan, pada bagian ‘nama pengguna anda/your username’  masukan sesukamu tanpa spasi,jika ingin menggunakan 2 kata gunakan titik sebagai penghubung. nama ini yang nanti aan menjadi alamat email mu seperti contoh [email protected]
    Saat memasukan tahun pastikan kalau dihitung hingga sekarang sudah 17 tahun atau lebih,agar kamu bebas menggunakan semua fitur google.
    -Isikan nomer HP mu untuk verifikasi,agat dikemuadian hari jika lupa sandi email bisa memintanya ke google lewat HP (fitur recovery).
    -Alamat email kamu saat ini bisa dikosongon jika kamu tidak punya email saat ini dan ingin membuat email baru, email ini fungsunya sebagai email secondary/backup untuk recovery juga.
    memasukan data diri guna mendaftar email baru gmail
  3. Setelah memilih lokasi /negara klik next/langkah berikutnya.
    Jika muncul lembar persetujuan gulung kebawah lalu klik saya setuju/I agree
    lembar persetujuan saat membuat email baru gmail
  4. Setelah menekan tombol I Agree maka kamu otomatis masuk ke email google /gmail dan proses pembuatan email baru google telah selesai.
    proses pembuatan email baru gmail berhasil
  5. Setelah klik tombol ‘continue to gmail’ maka kamu akan dibawa ketampilan email, disana kamu bisa menggunakan fasilitas email seperti baisa,dari kirim,terima,bahkan tersedia fitur chatting (google hangout).
    Untuk LogOut kamu cukup klik pada bulatan inisial namamu lalu klik log out/keluar.
    cara logout dari email gmail

Kenapa Perlu Verifikasi Nomer Telfon/HP?

saat membuat email baru semisal gmail maka kamu akan diberi rekomendasi untuk memverifikasi email menggunakan nomer telefon/HP untuk meningkatkan keamanan dan backup plan dikemudian hari.

Emai itu Pokok- Sudah saya sampaikan diawal,kalau email adalah sarana komunikasi mendasar di dunia internet,dan untuk mendaftar semua layanan internet dibutuhkan email,jadi email itu barang penting yang tidak boleh hilang (lupa username dan password). Dengan melakukan verifikasi nomer HP maka jika suatu saat kamu lupa akun email,kamu bisa meminta google (melalui fasilitas recovery) untuk mengirimkan username dan password ke HP mu.

Recovery- Verifikasi HP juga berguna untuk merebut kembali email mu jika sesuatu ang buruk terjadi,semisal email mu dihack.Jagalah akun email gmail mu dan ikuti cara mengamankan akun agar tidak dibobol hacker,jika email berhasil dikuasai hacker maka tamatlah sudah,semua fasilitas internet yang sudah kamu daftar bisa dirampok juga oleh hacker yang telah memegang email mu.

Cara melakukan Verifikasi akum google /akun email gmail

Setelah proses pembuatan email baru baiknya kamu melakukan verifikasi akun email agar keamanan akun email mu terjaga,dan juga  dengan  melakukan proses verifikasi secara tidak langsung kamu telah menjauhkan hacker untuk merebut email mu (hack).

1. Klik pada foto/inisial namamu paling kanan pojok atas lalu pilih akun saya/myaccount
cara melakukan verifikasi email dengan nomer HP

2. Pada bagian telepon pemulihan maka terlihat segitiga merah ber tanda seru,maka klik untuk melakukan proses verifikasi> klik pada dapatkan kode > cek sms yang masuk ke HP mu dan masukan kodenya ke kotak ‘masukan kode’ lalu klik verifikasi.
proses verifikasi akun email baru menggunakan nomer HP
3.Jika kamu telah memverifikasi nomer HP maka tanda segitiga merah akan hilang > klik selesai
proses verifikasi akun email gmail baru selesai

 

KESIMPULAN

Saya sangat menyarankan untuk membuat email baru (akun email gmail), karena dengan akun google tersebut kamu bisa menikmati semua layanan yang disediakan oleh google,akun email sangatlah vital di dunia internet sebagai sarana komunikasi dasar dan identitas seseorang di dunia internet.

Jagalah akun email gmail yang telah kamu buat dengan sungguh-sungguh dan jangan sampai lupa username dan password nya,karena jika kamu kehilangan akun email maka hilang sudah layanan internet yang telah kamu daftar menggunakan email tersebut(kamu tidak bisa menggunakan fasilitas recovery akun)