CARA MEMBUAT & VERIFIKASI EMAIL GOOGLE

Gak Tau Cara Daftar Email?

Tidak usa kuatir saya akan jelaskan bagaimana cara membuat email dengan mudah menggunakan komputer,laptop bahkan HP yang kamu punya.

Kamu bisa membuat email untuk pribadi,sekolah hingga perusahaan yang bisa kamu gunakan untuk mengakses playstore,mendaftar medsos (facebook,tweeter,instagram).

Saya akan ajarkan bagaimana membuat akun google (termasuk gmail didalam nya) yang bisa kamu pasang di android agar bisa mengakses google play store untuk mendownload aplikasi dan game android di HP mu.

Kenapa kamu Harus Punya Email?

Email merupakan cara/metode paling kuno untuk berkomunikasi secara private melalui jaringan internet,email tidak banyak digunakan oleh banyak orang tapi kenapa email selalu ditanyakan setiap kali kamu akan mendaftar layanan di internet?

Email Adalah Ibu dari Semua Akun

Untuk bisa menikmati layanan di internet terkadang kamu akan diminta untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Kamu akan diminta email saat mendaftar layanan seperti IM (yahoo messenger,telegram,BBM,Line.dll),social media (facebook,tweeter,instagram),Forum,marketplace (buka lapak,tokopedia,shopee),game dan lain sebagainya.

Email Adalah KTP di Dunia Maya

Email kedudukan nya sama dengan KTP dan nomer hp dimana email dan nomer hp merupakan alamat virtual yang bisa digunakan untuk menghubungimu,sedangkan KTP berisi alamat real untuk menghubungimu juga.

Jika kamu dulu selalu diminta alamat real berupa KTP saat akan mendaftar sesuatu,sekarang kamu akan ditanyakan nomer HP atau alamat email sebagai pengganti KTP.

Mendaftar dengan email lebih menjada privacy penggunanya karena tidak perlu memberikan alamat real untuk menghindari tindak kejahatan.

Email Menjadi Media Komunikasi Resmi di Internet

Email memang tidak bisa digunakan untuk komunikasi real time seperti telefon atau IM (WA,FB messenger) namun email punya kedudukan yang lebih tinggi dan tak tergantikan.

Tak tergantikan karena email merupakan media komunikasi resmi pengganti surat resmi kertas yang biasa untuk mengirim tagihan,informasi sensitif/rahasia,dan informasi resmi lain nya yang biasa dikirim lewat pos.

Minimal Kamu Punya Satu Email Utama

jangan hobi membuat email baru setiap kali ingin mendaftar layanan internet dan melupakan nya,baiknya kamu membuat email utama yang telah diverifikasi menggunakan nomer hp.

Umur email diperlakukan berbeda oleh beberapa layanan internet,jadi buatlah satu email utama untuk kegiatan bisnis dan buat email alternatif untuk mendaftar layanan internet yang gak jelas seperti hiburan atau game.

Buat Email di GooglE aja

Google merupakan perusahaan raksasa yang hidup dan merajalela di internet atau bisa dikatakan penguasa lautan internet yang kaya akan informasi.

Mulai kamu mendapatkan blog ini dari hasil rujukan google saat kamu mencari tau cara membuat email,hingga kamu menonton youtube setiap hari yang tanpa kamu sadari Youtube punya google juga.

Jadi tidak ada salah nya kamu membuat akun email di google aja,layanan email punya google dikenal dengan GMail.

Kenapa Pilih GMail?

Ada banyak layanan email di internet seperti yahoo,zoho,outlook,mail,GMX,AOL dan lain sebagainya,tapi kenapa saya menyarankan kamu untuk membuat email di google?

  • Produk google menguasai internet dan sering kamu gunakan,untuk kemudahan mending kamu pake gmail
  • Akun google/gmail bisa untuk membuka layanan google yang lain seperti youtube,google drive,google webmaster,google analytic,google adsense,google adword,gooogle map,android,google playstore,blogger,adword, dll.
  • GMail handal dalam menangani spam,stabil,aman dan belum ada riwayat kena hack seperti email sebelah.
  • Bila HP mu android kamu wajib pakai GMail agar bisa mengakses google play store.
  • Perushaan raksasa sudah tidak diragukan lagi akan kualitas layanan nya.

Cara Mendaftar Akun Google

Untuk mendaftar atau membuat email di google kamu hanya perlu membuat akun google yang bisa kamu gunakan untuk menikmati semua layanan yang disediakan google.

Layanan yang bisa kamu akses dengan akun google salah satunya adalah email/GMail dan layanan lain seperti youtube,google drive,google webmaster,google analytic,google adsense,google adword,gooogle map,android,google playstore,blogger,adword, dll.

1.Buka www.gmail.com >more option >Create Account/buat akun
Kamu bisa mengubah bahasa ke indonesia pada menu yang disediakan [A]

memulai proses membuat email baru gmail

2. Isikan data-data yang diperlukan, pada bagian ‘nama pengguna anda/your username’  masukan sesukamu tanpa spasi,jika ingin menggunakan dua kata gunakan titik sebagai penghubung.


memasukan data diri guna mendaftar email baru gmail

Nama ini yang nanti aan menjadi alamat email mu seperti contoh [email protected]

  • Saat memasukan tahun pastikan kalau dihitung hingga sekarang sudah 17 tahun atau lebih,agar kamu bebas menggunakan semua fitur google.
  • Isikan nomer HP mu untuk verifikasi,agat dikemuadian hari jika lupa sandi email bisa memintanya ke google lewat HP (fitur recovery).
  • Alamat email kamu saat ini bisa dikosongon jika kamu tidak punya email saat ini dan ingin membuat email baru, email ini fungsunya sebagai email secondary/backup untuk recovery juga.

3. Setelah memilih lokasi /negara klik next/langkah berikutnya.
Jika muncul lembar persetujuan gulung kebawah lalu klik saya setuju/I agree

4. Setelah menekan tombol I Agree maka kamu otomatis masuk ke email google /gmail dan proses pembuatan email baru google telah selesai.

proses pembuatan email baru gmail berhasil

5. Setelah klik tombol ‘continue to gmail’ maka kamu akan dibawa ketampilan email.

Disana kamu bisa menggunakan fasilitas email seperti baisa,dari kirim,terima,bahkan tersedia fitur chatting (google hangout).

6. Untuk LogOut kamu cukup klik pada bulatan inisial namamu lalu klik log out/keluar.

cara logout dari email gmail

Lindungi Akun Email Berhargamu

Email menjadi sangat berharga jika kamu bergelut di internet,lupa password atau kehilangan email bisa membuatmu bangkrut secara financial.

bayangkan jika akun email lupa atau dihack orang padahal semua data penting kamu simpan didalam email dan email tersebut dipakai untuk mendaftar banyak layanan berbayar atau terhubung dengan bisnis online.

Umur email diperlakukan dengan cara yang berbeda oleh layanan internet,jadi jangan hobi bikin email terus melupakan nya dan bikin lagi.

Karena email adalah identitas mu di dunia maya maka kamu harus punya email utama yang harus kamu jaga dengan baik.

Tips Menjaga Akun Email biar Anti Hack

Jagalah akun email mu jangan sampai dibobol hacker,jika email berhasil dikuasai hacker maka tamatlah sudah,semua fasilitas internet yang sudah kamu daftar bisa dirampok juga oleh hacker.

Kamu bisa mengikuti tips dibawah ini agar email mu tidak mudah dibobol hacker

  • Gunakan password yang berbeda dengan password email saat kamu mendaftar layanan di internet
  • Jangan gunakan password yang mudah ditebak seperti nama ortu,tanggal lahir,nama anak,atau kombinasi kesemuanya.
  • Gunakan password yang tidak pasaran dan tidak ada hubungan nya dengan mu sehingga sulit ditebak
  • Lakukan verifikasi email dengan nomer HP agar kamu bisa login kembali ke email mu dengan memanfaatkan fitur recovery/pemulihan saat lupa password atau password diganti orang nakal.

Apa itu Fitur Recovery/Pemulihan email?

Recovery/pemulihan adalah fitur dari layanan email yang digunakan untuk mereset password sehingga pengguna yang sah bisa mengeset ulang password jika lupa atau password diganti oleh hacker.

Fitur recovery/pemulihan hanya bisa digunakan setelah kamu melakukan verifikasi akun email menggunakan nomer HP.

Nomer HP inilah yang akan menerima kode recovery yang dikirim oleh google ketika kamu melakukan permintaan recovery untuk mereset password.

Kenapa Harus Verifikasi Akun Google?

Saya sudah jelaskan diatas sebelum nya kalau email adalah ibu dari segala akun yang ada di internet,jika kamu sampai lupa akun email atau akun email mu kena hack maka tamat sudah riwayatmu.

Jadi lakukan verifikasi akun email google menggunakan nomer HP untuk melindungi akun email mu jika terjadi lupa passowrord ataupun kena hack.

Kamu bisa mengembalikan/membuka email yang sudah kena hack atau lupa password dengan fitur recovery,fitur recovery atau pemulihan ini hanya bisa dipakai jika kamu telah melakukan verifikasi nomer HP.

Kode pemulihan akan dikirim ke nomer HP yang telah kamu daftarkan,jadi jangan sampai ganti nomer hp setelah melakukan proses verifikasi agar fitur ini bisa dipakai dikemudian hari saat darurat.

Cara Verifikasi akun google atau Gmail

Kamu hanya memerlukan nomer HP yang pastinya tidak akan kamu ganti ganti,tapi kamu bisa mengganti kapan saja nomer HP yang telah terdaftar di google.

Kamu bisa mengganti nomer HP yang telah terverifikasi dengan nomer baru dengan syarat nomer lama masih kamu pegang dan aktif untuk menerima kode pemindahan.

1. Buka gmail.com login ke email mu lalu klik pada foto/inisial namamu paling kanan pojok atas lalu pilih akun saya/my account

cara melakukan verifikasi email dengan nomer HP
proses verifikasi akun email baru menggunakan nomer HP

2. Pada bagian telepon pemulihan maka terlihat segitiga merah ber tanda seru,maka klik untuk melakukan proses verifikasi> klik pada dapatkan kode > cek sms yang masuk ke HP mu dan masukan kodenya ke kotak ‘masukan kode’ lalu klik verifikasi.

proses verifikasi akun email gmail baru selesai



3.Jika kamu telah memverifikasi nomer HP maka tanda segitiga merah akan hilang > klik selesai

Selamat akun google mu sekarang sudah terverifikasi,jangan sampai nomer mu hilang atau diganti tanpa mengganti nomer hp yang telah terdaftar di google.

Jika kamu tidak mengganti nomer HP yang terdaftar di google sedangkan nomer hp mu sudah ganti maka kamu tidak akan bisa menggunakan fitur recovery/pemulihan.

KESIMPULAN

Saya sangat menyarankan untuk membuat email baru (akun email gmail), karena dengan akun google tersebut kamu bisa menikmati semua layanan yang disediakan oleh google,akun email sangatlah vital di dunia internet sebagai sarana komunikasi dasar dan identitas seseorang di dunia internet.

Jagalah akun email gmail yang telah kamu buat dengan sungguh-sungguh dan jangan sampai lupa username dan password nya,karena jika kamu kehilangan akun email maka hilang sudah layanan internet yang telah kamu daftar menggunakan email tersebut.

Lakukan proses verifikasi akun agar kamu bisa menggunakan fitur recovery/pemulihan saat kamu lupa pasword atau password mu diganti orang nakal/hacker.

Pembahasan Terkait
tehnik dan cara bermain PUBG mobile agar menang chicken dinner
Cara dan Tehnik Mudah Bermain PUBG Mobile Biar Chicken Dinner

Game Objective PUBG mobile merupakan game dengan aliran battle royale,dimana goal dari game ini adalah bertahan hidup hingga tersisa 1 Read more

Cara Main PUBG Mobile di PC Dengan Tencent Gaming Buddy

PUBG Battle Royale PUBG yang merupakan kependekan dari Player UnKnown's battleGrounds merupakan game ber genre shooter dengan mode survival/battle royale, Read more

Cara Mengelola dan Mengamankan Akun Mobile Legends Bang Bang

Cara Mengamankan Akun Mobile Legends Saat kamu pertama menginstall dan memainkan game mobile legends di HP/ android emulator di komputer,game Read more

CARA MAIN GAME ANDROID DI PC |Install dan Setting NOX

Pengin MeMainkan Game Android di Komputer? Jika spek HP mu kentang dan tidak kuat buat main game android,kamu bisa menginstall Read more

Kembali ke Atas