Tips Aman Memilih dan Menentukan Toko atau Seller Saat Belanja Online

tips aman cara berbelanja o nline agar terhindar dari penipuan

Yuk kenali ,Apa itu E-Commerce ?

Ada banyak versi definisi baku dari pengertian apa itu e-commerce tetapi secara garis besar bisa ditarik kesimpulan yang utama yaitu Kegiatan proses jual beli  produk ,jasa dan informasi yang dilakukan menggunakan perangkat elektronik sebagai media komunikasi dan transaksi antara penjual dan pembeli dengan memanfaatkan jaringan komputer, dalam kasus ini adalah Internet. Atau orang awam menyebutnya dengan sebutan Toko Online.

Media dalam E-Commers yang digunakan saat ini adalah website, sebagai media informasi  produk yang disediakan oleh pelaku e-commrce. Dipilih website karena untuk saat ini website menjadi media yang flexible (bisa diakses dari perangkat manapun dan dari platform apapun), di dalam website tersebut juga disediakan formulir untuk melakukan contack dengan seller,feedback ,pemesanan,konfirmasi pembayaran dan tracking barang.

Jenis E-Commerce

E-Commerce mempunyai beberapa jenis dilihat dari pihak yang menyediakan produk dan sasaran pasar dari produk tersebut

  • Business-to-Business (B2B)
    Jenis E-commerce B2B dilakukan oleh orang atau instansi yang saling memiliki kepentingan bisnis, atau gampangnya kita sebut bisnis antar perusahaan.
    Perusahaan pelaku B2B memberikan solusi  masalah pengadaan barang pada suatu perusahaan ,goal utama dari B2B adalah pelaku E-Commece menyediakan produk untuk perusahaan-perusahaan . Semua transaksi dilakukan secara elektronik dengan EDI (Electronic Data Interchange),mulai pemesanan konfirmasi (melalui E-mail atau media lain yang telah disepakati bersama)dan pembayaran(Melalui Bank Transfer).Contoh website E-commerce Business to Business (B2B) :
     PT Krakatau Steel (www.krakatausteel.com)
    .          PT Krakatau Steel adalah perusahaan baja terbesar di Indonesia, untuk melakukan pemesanan baja di Krakatau Steel setiap perusahaan harus mendaftarkan perusahaannya. Setelah terdaftar Perusahaan Mitra dapat memesan baja di Krakatau Steel dengan menggunakan EDI.
    Unilever (www.unilever.co.id/id/)
    .        Unilever adalah perusahaan penghasil produk Home and Personal Care serta Foods & Ice Cream di Indonesia. Unilever adalah salah satu customers dari PT. Electronic Data Interchange Indonesia.
    www.Bizzy.co.id
    .        Bizzy merupakan E Commerce yang memiliki konsep B2B atau Business To Business di Indonesia. Bizzy menyediakan solusi bagi perusahaan yang memiliki masalah dalam hal pengadaan suplai dan jasa kebutuhan bisnis. Produk yang disediakan oleh Bizzy antara lain, Office Supplies(ATK), Elektronik, Pantry dll
     www.ralali.com
    .        Ralali adalah salah satu perusahaan B2B E Commerce Indonesia yang menjual produk-produk MRO(Maintenance, Repair, and Operational). Dengan perusahaan PT. Raksasa Laju Lintang yang telah aktif sejak 2013, Ralali menyedian berbagai macam kebutuhan otomotif, alat ukur, GPS, dan peralatan listrik lainnya.
  • Business-to-Consumer (B2C)
    B2C merupakan jenis e-commerce yang transaksinya antara perusahaan dengan konsumen terakhir, atau bisa disebut juga ritel karena penjual menjual produknya langsung ke konsumen akhir.Jenis e-commerce ini memberikan kemudahan bagi pembeli ketinga ingin mencari barang di toko lokal tidak ada dan bisa membelinya di toko online /e-commerce secara retail /eceran. jenis e-commerce ini berkembang pesat di tanah air karena adanya dukungan dari konsumen yang ingin kemudahan berbelanja dan pesatnya perkembangan jaringan internet dan gadgate di negara kita.
    Beberapa contoh toko online terkenal  yang tergolong Business-to-Consumer (B2C) : www.bhinneka.com,www.lazada.co.id,www.zalora.co.id dllDalam jenis e-commerce Business-to-Consumer (B2C) biasanya ada barang  toko rekanan /partner yang dijual dalam website e-commerce nya , dalam artian perorangan atau perusahaan bisa menjadi rekanan /partner (Seperti supplyer) barang untuk dijual di website e-commerce tersebut. biasanya dalam setiap barang akan diberi tag nama toko/perusahaan rekanan/partner dari barang yang dijual.
    toko rekanan pada e-commerce B2C
  • Consumer-to-Consumer (C2C)
    jenis e-commerce ini meliputi semua transaksi yang menggunakan jaringan komputer  antara konsumen dengan konsumen.
    Dalam jenis ini diperlukan pihak ketiga berupa platform online yang digunakan sebagai media temu dan transaksi antara konsumen dengan konsumen. Peranan website disini hanya sebagai penyedia media transaksi yang aman bagi penjual dan pembeli yang merupakan sama-sama konsumen (peroranagan bukan perusahaan /berbadan hukum), biasanya untuk dapat menggunakan platform ini kedua belah pihak diwajibkan mendaftar dan melakukan verifikasi. Untuk melindungi pembeli dari penipuan maka platform website e-commerce bertindak sebagai REKBER (Rekening Bersama) yang akan menangani transaksi antara penjual dan pembeli,dimana pembeli akan membayar ke platform e-commerce dan setelah barang diterima pembeli akan melakukan konfirmasi ke platform e-commerce kemudian e-commerce akan memberikan sejumlah uang sesuai dengan jumlah yang telah dibayarkan oleh pembeli kepada si Penjual.Banyak juga pelaku e-commrce jenis C2C menggunakan platform Social media untuk mencari pelanggan dan menjalin kepercayaan dengan mengumpulkan feedback. Misalnya menggunakan Facebook page,Facebook Group ,Group BBM  ,Group WA . Pada model ini uang akan ditransfer langsung dari pembeli ke penjual dan barang akan dikirim setelah dibayar sehingga kita sebagai penjual harus benar-benar bisa menilai kredibilitas dari penjual agar terhindar dari penipuan.
    Beberapa contoh e-commerce yang masuk dalam golongan Consumer to Consumer (C2C) diantaranya : www.bukalapak.com , www.tokopedia.com ,www.kaskus.co.id , www.shopee.co.id .Dalam detail produknya biasanya akan dicantumkan nama toko /penjual ,reputasi ,response time dan feedback serta etalase (barang lain yang dijualnya) .
    Reputasi seller pada e-commerce C2C

Tujuan E-Commerce

Tujuan utama perusahaan menggunakan sistem e-commerce adalah meningkatkan efisiensi dan keuntungan dalam menjalankan bisnisnya.Dengan menyediakan informasi di website e-commerce secara lengkap maka minat dan cakupan pasar  akan menjadi lebih luas.

Manfaat Menggunakan E-Commerce

Dengan menggunakan sistem e-commerce perusahaan dan konsumen akan merasakan berbagai macam manfaat dan kemudahan ketika bertransaksi diantaranya :

  • Memperluas pangsa pasar
    Dengan menggunakan e-commerce tentu akan memperluar jangkauan tanpa mengenal geografik,jarak dan waktu. pembeli bukan hanya dari lokasi setempat atau kota sekitar saja tetapi bisa berasal dari provinsi bahkan negara lain.selama calon  pembeli mendapatkan akses internet maka calon pembeli bisa berkunjung ke toko kita dalam bentuk website / aplikasi e-commerce.Walau kita telah memilih website e-commerce yang terpercaya namun lebih baik lagi jika kita mengecek reputasi seller terutapa jika e-commerce tersebut berbentuk C2C , karena kriminal akan selalu mencari celah untuk melakukan tipu2 terhadap calon pembeli.
  • Menurunkan biasa operasional
    Dengan menggunakan e-commerce untuk mendisplay barang dagangan tentu saja akan mengurangi biaya operasional listrik,sewa toko,pemeliharaan dll. pelaku e-commerce bisa berdagang tanpa perlu mempunyai toko fisik untuk mendisplay dagangan nya dan masih banyak kentungan lain dibanding membuka toko secara tradisional.
  • Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan
    Dengan memberikan informasi yang lengkap akan produk dalam bentuk katalog pada website /aplikasi e-commerce akan meningkatkan kesetiaan pelanggan,karena biasnaya pelanggan akan belanja di situ terus jika pada orderan pertama mulus dan respon cepat. Kemudahan ,kepercayaan dan kecepatan merupakan hal penting untuk mendapatkan loyalitas pelanggan pengguna e-commerce.
  • Memudahkan Customer
    Dengan menggunakan e-commerce calon pembeli yang mencari barang sudah tidak lagi terhalang oleh jarak dan waktu(tidak perlu pergi jauh-jauh hanya untuk membeli 1 barang), karena transaksi dan pembayaran  bisa dilakukan secara online dan barang bisa dikirim menggunakan jasa paket.

Resiko Menggunakan E-Commerce

  • Penipuan
    Walau ada banyak e-commerce yang benar-benar resmi dan nyata, namun ada pula website e-commerce  dan seller-seller yang berniat hanya untuk menipu. Ciri umum pelaku e-commerce penipuan biasanya menawarkan harga /discount yang tidak masuk akal (Harga murah banget), jadi berhati-hatilah berbelanja dengan seller yang menawarkan barang dengan harga sangat murah (teliti sebelum membeli).
  • exploitasi dan Hacking
    Exploitasi atau pemanfaatan kelemahan pada fitur e-commerce bisa dilakukan oleh penjual (dalam e-commerce c2c) nakal atau pembeli untuk mendapatkan keuntungan sebelah pihak. karena katalog dan semua transaksi di catat dalam database ,dan platform e-commerce bisa diakses melalui internet maka platform e-commerce sangat rentan akan serangan hacking sehingga diperlukan tenaga ahli untuk mengamankan nya untuk melindungi data customer yang tersimpan pada website e-commerce.

Cara Menilai Kredibilitas dan keamanan Toko /Seller Online agar tehindar dari Penipuan

Sebelum berbelanja menggunakan platform e-commerce (toko online) sebaiknya kita sebagai pembeli wajib memastikan bahwa toko online tersebut bukan website penipuan (scam) . Pada platform C2C kita juga wajib untuk melihat reputasi seller terlebih dahulu sebelum melakukan order.

  • Kredibilitas Website E-Commerce
    -Googling- Untuk memastikan keabsahan dari toko online kita bisa mencari informasi tentang toko online tersebut menggunakan mesin pencari (misal google), karena jika ada orang yang tertipu maka biasanya akan menuliskan nya di forum /social media.Cobalah mengetikan dengan kata kunci “domain /nama toko online penipu ” misalnya “tokopedia penipu” lalu lihat hasilnya dan tarik kesimpulan setelah kamu membaca informasi dari  minimal 5 sumber yang berbeda .
    -PolisiOnline- Kita bisa mengecek kredibilitas dari website /toko online dengan melihat informasi toko online tersebut pada website polisionline.com ,website polisi online bisa menjadi pegangan untuk melakukan penilaian kredibilitas dari toko online yang tidak terkenal.
  • Response Time Seller,Reputasi dan Feedback  (Seller C2C Platform /Marketplace)
    Walau kita telah memilih website e-commerce yang terpercaya namun perlu diperhatikan bahwa terkadang website tersebut mempunyai rekanan/partner, dimana barang yang dijual pada toko online tersebut tidak berasal hanya dari organisasi pemilik toko online saja tetapi juga ada beberapa barang yang disediakan oleh mitra partner nya. Mitra parner inilah yang perlu kita teliti reputasi ,responstime,last online feedback untuk memastikan barang yang telah kita order dan bayar cepat dikirim(jangan sampai order ke seller yang lama tidak aktif).Pada website e-commerce jenis C2C seperti tokopedia,kaskus,bukalapak dan shopee kita wajib untuk membaca feedback,reputasi,kecepatan response jika perlu kita bisa melakukan chatting menggunakan platform tersebut untuk memastikan barang yang akan kita order ready. karena pada model e-commerce jenis ini platform hanya berfungsi sebagai wadah dan smua barang yang dijual berasal dari pengguna platform tersebut (barang bukan berasal dari pemilik platform tersebut).
  • Feedback Pembeli (Seller Facebook)
    Jika kamu ingin bertransaksi dengan seller yang menggunakan media social seperti facebook,FB,WA atau yang lain kamu harus memastikan dahulu atas integritas dari seller tersebut,karena uang akan langsung kamu kirim ke penjual tanpa perantara .Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek seller tersebut antara lain :
    – Informasi pendukung – Jika seller hanya bermodal fanspage /beranda tanpa website dan grup facebook yang bisa kita gunakan untuk melacak kredibilitas seller maka jangan beli pada seller tersebut.
    -Profile FB – Cek profile dari FB dan umur FB , baca-baca status yang diunggah nya dan perhatikan pola status yang dibuat (jika pola update status tiba-tiba berubah bisa dipastikan akun tersebut sudah berpindah tangan) karena ada kasus dimana hacker merampas akun FB orang dan dijadikan untuk menipu dengan berjualan barang yang murah.Pastikan juga akun tersebut bukan akun cloningan/abal-abal biasanya pada profile kosong melompong gak ada isinya.
    – Stalking Group- . Jika Seller mempunyai group kita wajib mengecek kedekatan seller dengan anggota group dan kapan terakhir postingan atau balasan dibuat,karena group admin bisa memfilter komen negatif jadi kita harus benar2 harus pandai menilai seseorang dari jejak yang ditinggalkan nya.
    – Jangan Percaya Begitu Saja – . Ada website toko online penipuan  yang menyertakan testimonial dalam website nya untuk menambah kepercayaan calon korban nya, aneh nya testimonial hanya menyertakan foto dan tulisan yang keaslian nya tidak bisa divalidasi karena yang membuat adalah pemilik website tersebut, beda lagi jika yang membuat adalah pemilik akun media social yang bisa kita lihat profile nya dan bisa kita nilai apakah akun tersebut asli atau hanya akun abal-abal.
  • Jangan Tergiur Harga Murah
    Jangan sekali-kali tergiur harga murah , Jika ada seller yang nyepam ke beranda orang atau comment, ngetag sembarang barang-barang murah maka bisa dipastikan 100% penipuan. Karena seorang penjual tidak mungkin akan menjual barang dengan  harga murah hingga 75%-50% diwabah harga normal.

Kesimpulan : Kredibilatas seller pengguna platform C2C /MarketPlace ditentukan oleh feedback dan reputasi yang tertera pada profile seller , sedangkan untuk toko online (baik yang menggunakan website atau social media)yang berdiri sendiri dan kita tidak tau pemilik /lembaga pengelola e-commerce tersebut kita bisa melakukan googling /searching informasi tentang toko online tersebut apakah bisa kita percaya tau tidak.

Rekomendasi Toko Online (C2C dan B2C) 100% Terpercaya

  • www.Bhinneka.com (B2C)
    Bhinneka merupakan e-commerce berjenis B2C , yang artinya barang yang dijual berasal dari pemilik e-commers tersebut dan parner , pastikan sebelum membeli mengecek barang tersebut dijual oleh bhinneka atau rekanan/partner.Jika barang dijual oleh rekanan silakan cek terlebih dahulu feedback dan reputasi partner.
    bhinneka e-commerce terpercaya dengan jenis B2C yang didalam nya terdapat toko rekanan
  • www.Lazada.co.id (B2C)
    Lazada.co.id merupakan bagian dari Lazada Group yang menjadi tujuan belanja online nomor satu di Asia Tenggara. Lazada Group beroperasi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Menjadi pionir di bidang e-commerce, Lazada menghadirkan layanan berbelanja yang mudah bagi konsumen dan akses langsung pada database konsumen terbesar di Asia Tenggara.
    Selalu cek penjual barang yang akan dibeli apakah barang tersebut dijual dan dikirim oleh lazada atau dari rekanan, jika dari rekanan lihat ranking dan feedback sebelum membali barang tersebut.
    lazada indonesia e-commerce terpercaya dengan toko rekanan nya
  • www.BukaLapak.com (C2C)
    Bukalapak merupakan salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia. Seperti halnya situs layanan jual-beli menyediakan sarana jual-beli dari konsumen ke konsumen. Siapa pun dapat membuka toko online di Bukalapak dan melayani pembeli dari seluruh Indonesia untuk transaksi satuan maupun banyak.
    Bukalapak memiliki slogan jual-beli online mudah dan terpercaya karena Bukalapak memberikan jaminan 100% uang kembali kepada pembeli jika barang tidak dikirimkan oleh pelapak.Selalu perhatikan reputasi seller,response time dan jika perlu kirimkan pesan untuk memastikan barang ready dan seller aktif untuk memastikan barang yang kamu bayar akan dikirim segera.
    bukalapak marketplace terpercaya dengan jenis C2C
  • www.TokoPedia.com (C2C)
    Tokopedia merupakan perusahaan internet pertama asal Asia Tenggara yang berhasil mendapatkan kepercayaan pendanaan sebesar 100 juta Dollar dari SoftBank dan Sequoia Capital. SoftBank merupakan investor di balik kesuksesan Alibaba, sementara Sequoia Capital merupakan investor di balik kesuksesan Apple & Google.karena tokoPedia merupakan e-commerce dengan jenis C2C maka pastikan kredibilitas seller melalui informasi yang disediakan untuk menjamin barang yang akan kamu beli akan dikirim segera.
    tokoPedia marketplace penyedia platform untuk e-commerce C2C
  • www.kaskus.co.id (C2C)
    Dulu  kaskus memang hanya sebuah forum dan  menyediakan kategori khusus untuk yang ingin jual beli (Forum jual beli) dimana kredibilitas seller ditentukan oleh testimonial buyer sebelum nya. namun setelah platform C2C booming maka kaskus menyediakan platform C2C terbaru dimana kaskus berfungsi sebagai rekber/pihak ketiga yang menagani transaksi sehingga baik penjual dan pembeli lebih aman dari penipuan (cara kerja sama seperti tokopedia,bukalapak )
    fitur kaskus branKas yang merupakan fasilitas transaksi aman pada marketplace kaskus
  • Dan masih nayak lagi situs e-commerce yang sudah terkenal yang telah mendapatkan kepercayaan dari banyak pelanggan seperti : www.blibli.com ,www.zalora.co.id,www.traveloka.com , atau toko-toko tradisional lokal yang membuat website e-commerce untuk memprluas pangsa pasar seperti indomaret,apotek,toko komputer dll.

Kurang jelas? Silakan Bertanya