Cara menggunakan google webmaster tool dan google analytics

Apa itu Google Webmaster Tool (GWT)

Google webmaster tool adalah sarana google search engine untuk berinteraksi dengan webmaster (Pengelola dari sebuah website) seperti memberikan laporan jika ada link yang mati, website disusupi malware atau laporan tentang trafic ke webmaster.Tujuan utama orang menggunakan google webmaster tool adalah untuk keperluan Search engine optimization (SEO).SEO adalah bagaimana cara agaar website kita dibaca dengan baik oleh mesin pencari (mesin pencari mengerti iinformasi penting yang kita tulis) sehingga ketika seseorang menggunakan google untuk mencari infodwrmasi,google akan merekomendasikan website kita jika informasi ada di website yang kita kelola.

Dengan google webmaster tool,seorang webmaster akan dimudahkan dalam mengelola dan menganalisa website yang sedang dikelolanya seperti:

  1. Mendaftarkan website ke mesin pencari
    walau tanpa di daftarkan google akan mengindex website yang kita kelola,namun alangkah baiknya jika kita mendaftarkan website yang kita kelola  melalui google webmaster tool, dengan menggunakan GWT kita mendapatkan keuntungan lebih dan kemudahan ketika mengelola sebuah website.
    Dengan mendaftarkan website melalui google webmaster tool google memberikan jaminan bahwa website kita akan diindex dan otomatis website yang kita daftarkan akan direkomendasikan google kepada orang yang sedang mencari informasi.
  2. Mengatur pengindexan google 
    Dengan menggunakan google webmaster tool kita sebagai webmaster bisa mengatur content mana saja yang boleh diindex oleh mensin pencari dan ditampilkan di halaman hasil pencarian google, karena terkadang kita tidak boleh meng expose content tertentu ke mesin pencari dengan alasan keamanan.
  3. Report dan Troubleshooting website
    Google webamste tool memberikan laporan tentang kesehatan website yang kita kelola,jadi jika ada artikel yang link nya mati atau tidak bisa dibaca google kita dengan cepat bisa tau dan memperbaikinya.
  4. Data trafic statistik  dan Search engine optimization (SEO)
    Data pengunjung seperti jumlah pengunjung,sesi,kata kunci yang dipakai pengunjung untuk sampai ke website kita,durasi website kita dibaca,content yang sering diakses pengunjung dan lain sebagainya akan disajikan  secara lengkap ,dengan data ini seorang webmaster dapat mengoptimalisasi website yang dikelolanya agar content yang akan dibuat benar-benar dibutuhkan oleh banyak orang sehingga pengunjung website akan semakin banyak.

selain 4 hal diatas masih banyak kegunaan lain dari google webmaster tool,jadi jika kamu mengelola blog atau website wajib hukum nya menggunakan google webmaster tool agar pengelolaan website menjadi mudah

Cara menggunakan Google Webmaster tool

Untuk dapat menggunakan fasilitas yang google sediakan termasuk google webmaster tool  wajib hukum nya kamu mempunyai akun google atau email google.

  1. Mendaftarkan website yang akan dikelola
    Buka halaman https://www.google.com/webmasters dan login dengan menekan lobol login seperti biasa
    Menyetujui TOS google dengan mengeklik agree
    persetujuan menggunakan google webmaster tool
    Masukan alamat website yang akan dikelola pada kotak add a property lalu klik add a property untuk melanjutkan
    cara menambahkan website pada google webmaster tool
    Verefikasi website yang akan dikelola dengan metode yang telah disediakan google dan ikuti petunjuk yang ada.verifikasi kepemilikan website yang akan dimanage menggunakan google webmaster tool
    Untuk mempermudah baiknya kamu telah mendaftarkan dan mengaktifkan tracking code google analytics pada website yang kamu kelola agar proses verifikasi dapat dilakukan dengan mudah dengan memilih opsi “verifikasi menggunakan akun google analitycs” seperti terlihat pada gambar dibawah ini :
    verifikasi google webmaster tool dengan google analitycs
  2. Menambahkan sitemap /peta situs 
    hal ini dimaksudkan agar google mudah menemukan content yang kita buat sehingga diindex oleh google dengan mudah.
    cara menambahkan sitemap peta situs pada google webmaster tool
  3. Melihat hasil laporan situs yang kita kelola
    Ada banyak menu yang dapat digunakan untuk melihat keadaan situs yang sedang kita kelola mulai dari stauts pengindex an, statistik data trafic,link internel,sitemap,kata kuci konten dan lain sebagainya. silakan diexplore sendiri dan dibaca. Data akan muncul setelah 2 hari sejak situs web didaftarkan.
    laporan statistik dashboard google webmaster tool

    “Jika kamu mempunyai website dengan multi site dalam satu domain, baiknya didaftarkan satu per satu (menggunakan tracking code yang berbeda) agar data yang tersaji dipisah antara site yang satu dengan site yang lain.
    Untuk pengguna wordpress kamu bisa menggunakan google analytic untuk melakukan verifikasi (jadi pasang google analytic sebelum menambahkan ke google webmaster tool)”

Apa itu google analytics

Tujuan utama dari google analytics adalah untuk mencatat aktifitas dan track record dari website yang kita kelola. Aktifitas disini berupa jumlah pengunjung,content yang dikunjungi,lama kunjungan,asal pengunjung,referensi pengunjung,keyword pengungjung dan masih banyak lagi. sehingga dengan data statistik yang dikumpulkan dapat membantu webmaster untuk mengatur strategi mengembangkan web yang dikelolanya atau hanya untuk mengoptimalkan content yang disediakan.  google analytic dapat digabungkan /diintegrasikan dengan fitur google yang lain semisal AdWords

Cara Mendaftar dan memasang google analytics

Untuk dapat menggunakan fitur ini kamu wajib mempunyai akun google atau email google /gmail

buka https://analytics.google.com dan login ,klik sign up untuk memulai menggunakan google analytics
cara mendaftakan website ke google analytics

Menambahkan website ke google analytics

Setelah signup di klik untuk pertama kalinya,maka akan muncul formulir yang harus diisi
Masukan data website yang akan didaftarkan dan klik get tracking ID lalu klik agree pada kotak TOS.
mengisi formulir google analytics

akan muncul tracking code yang muncul, kalau belum familiar silakan dibaca baik-baik dan ikuti petunjuknya. singkatnya kode tracking ini harus dimasukan ke halaman website kamu agar google mengoleksi data dari website yang ingin kamu tracking menggunakan google analytics. berikut cara memasang tracking code atau tracking id pada website berbasis wordpress atau blogger.
google analytics tracking id dan tracking script

Mengenal tampilan dashboard google analytic

jika kamu menggunakan google analytics untuk pertama kali mungkin akan sedkit bingung dengan tampilan dashboard nya. oke disini akan saya jelaskan basic menu agar kamu tidak bingung bernavigasi.

  1. ada 4 menu utama 
    Home: berisi daftar situs yang kita kelola
    Reporting : Berisi data statistik dari website yang kita kelola
    Customization : jika kamu ingin membuat custom report bisa dibuat di menu ini
    Admin : untuk mengelola user, menambah dan mengedit site yang kita kelola, tracking code dan pengaturan analitycs dari website yang kita kelola ada disini.
    dashboard daftar website yang dikelola di google analytics
  2. Ada 3 menu utama di dalam admin 
    Account: akun disini bukan akun dari google analytics kita, tapi lebih seperti directory untuk mengelompokan website yang kita kelola. fitur ini akan sangat membantu jika kita mengelola banyak website. di dalam akun ini terdapat property (Website yang kita kelola)
    Property : Berisi website yang kita kelola, disini letak settingan untuk google analytics yang kita pasang di web. berisi juga kode tracking yang digunakan, jika kamu butuh google tracking ID atau google analytics tracking script kamu bisa lihat disini.
    View: kamu bisa membuat custom report dari data yang telah dikoleksi google dari website yang kamu kelola menggunakan menu ini.tampilan menu admin google analytics
  3.  Dasar penting sudah dijelaskan, karena ada banyak sekali mennunya mending kamu coba lihat-lihat sering menggunakan nya supaya terbiasa. INGAT!! orang bisa karena terbiasa

 

Cara Verifikasi/memasang google analytics (tracking code) pada wordpress

Jadi urutan yang benar biar gampang untuk melakuka verifikasi jika kamu menggunakan wordpress adalah:  kamu harus membuat/mendaftarkan website mu di google analytic dahulu  sebelum kamu mendaftarkan nya di google webmaster tool.
Kenapa harus demikian? karena jika kamu melakukan hardcode (nulis verification code di file wordpress) maka ketika kita melakukan upgrade/update nanti akan hilang, berbeda jika kita menggunakan addon seperti “google analytics dashboard for WP” kita tidak perlu edit code secara manul hanya untuk memasang kode verifikasi google analitycs dan kode tidak akan hilang walau wordpress kita diupdate.

Jika kamu sudah memasang kode verifikasi google analytics pada wordpress  mu maka ketika kamu mendaftarkan website mu di google webmaster tool maka untuk melakukan verifikasi kepemilikan website bisa menggunakan opsi alternatif “google analitycs” seperti contoh berikut
cara verifikasi google webmaster tool untuk website wordpress

Berikut adalah langkah cara memasang tracking code google analytics pada website wordpress menggunakan bantuan addon

  1. Untuk memudahkan memasang code google analytic pada wordpress kita akan menggunakan /menginstall plugin Google Analytics Dashboard for WP ,Setelah plugin diinstall jangan lupa untuk mengaktifkan nya di plugin panel.
    Sebelum melakukan langkah ini sebaiknya kamu sudah memverifikasi website kamu melalui google webmaster tool, karena jika belum diverifikasi nanti tidak akan mucul opsi website yang dikelola.
    google analytics dashboard for WP plugin
  2. Masuk ke menu google analytics pada menn utama wordpress di kiri bawah dan pilih general setting
    setting google analytics pada wordpress
  3. Klik pada tombol authorize plugin
    kamu harus login ke akun google analytics dulu sebelum ngeklik ini ya, dan gunakan browser yang sama agar session nya kebaca.
    cara memasang google analytics tracking code pada wordpress
  4. Klik pada Get Access Code
    mendapatkan akses kode plugin wordpress untuk setting google analytics
  5. Klik allow untuk megijinkan plugin membaca informasi
    mengijinkan plugin wordpress untuk mengakses google analytics data
  6. Setelah munul access code silakan dikopi yang nantikanya akan dimasukan ke kotak access code dibagian wordpress plugin
    memasang-google-analytics-tracking-code-wordpress4
  7. Paste access code yang kita kopi tadi dan klik save access code
    memasang kode access ke wordpress plugin
  8. Silakan pilih item yang sesuai dengan website yang kamu kelola dan klik lock selection lalu klik save untuk menerapkan
    memmilih google analytic data yang akan digunakan plugin wordpress
  9. Aktifkan tracking code pada tab “Tracking code”
    cara memasang tracking code google analytic pada wordpress
  10. jika kamu ke bagian dashboard nanti akan muncul widget laporan statistik website kamu.

Verifikasi /memasang google analytics pada blogger

  1. Login ke Blogger lalu pilih menu template dan klik pada edit template.
    edit template html blogger untuk memasang google analytics tracing code
  2. setelah muncul kotak edit script template, cari tag </head>dan tempatkan script tracking diatas tag ini.
    cara memasang google analytic script tracker pada blogger
  3. Jangan lupa untuk menyimpan perubahan dengan mengklik tombol di kanan bawah .

Mengintegrasikan Google analytics dengan google webmaster tool

Tujuan utama menghubungkan google analytics account dengan google webmaster tool adalah agar kita mengakses menu SEO pada google analytics
Cara menghubungkan /meng asososiasikan google analytic dengan google webamster tool sebagai berikut:

  1. Pastikan kamu menggunakan akun yang sama antara google webmaster tool dan google analytic biar gamapng.
  2. Masuk ke menu admin pada google analytics > pilih website yang akan dimanage pada bagian property lalu klik pada property setting
  3. scrool kebawah sampai mentok,pada bagian search console kamu klik adjust search console
    cara Mengintegrasikan Google analytics dengan google webmaster tool
  4. klik menu edit lalu pilih website yang tertera dan klik save , lalu klik save lagi.
    kamu harus melakukan verifikasi website yang kamu manage di google webmaster tool agar list nya bisa muncul disini.
    Mengintegrasikan Google analytics dengan google webmaster tool , memilih website
  5. Setelah terintegrasi maka kamu bisa melihat tambahan menu search console pada panel kiri Report di bagian acquistion di  google analytics
    tampilah menu search console setelah berhasil mengintegrasikan google analytics dengan google webmaster tool

Kurang jelas? Silakan Bertanya