Pengertian Website dan Cara Membuat Website Sendiri

Pengertian Website

apa itu website?- Web Site Disebut juga site, situs, situs web, atau portal. Secara makna sebuah website adalah sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet tanpa terbatas ruang dan waktu.Website diakses menggunakan browser (firefox,chrome,UC brower,Opera,Netscape dll) dan disajikan secara interaktif.Jadi kamu yang memilih informasi yang kamu butuhkan tidak seperti TV yang cuman broadcast,kita gak bisa milih informasi yang kita inginkan.

Aplikasi Web

Website merupakan sebuah aplikasi hanya saja aplikasi ini berbasis web dan tidak perlu diinstall pada client sebelum digunakan ,utuk mengaksesnya hanya diperlukan aplikasi spesial yang kita sebut web browser  (Chrome,Firefox,Opera,IE,UC Browser).
Layaknya aplikasi pada umumnya,aplikasi web dibagun dari perpaduan bahasa pemrograman (PHP,JS,ASP,JAVA,CSS,python) ,keistimewaan dari aplikasi web adalah source code tidak perlu di compile (Merubah kode program dari format text ke Binnary/bahasa mesin) dan aplikasi web hanya diinstall di server dan semua pekerjaan dilakukan oleh server (Client hanya meminta dan menerima Hasilnya).

alur kerja aplikasi berbasis website

Jika kamu bingung dan masih penuh tanda tanya “masa sih website termasuk aplikasi?” oke saya jelaskan secara singkat  ya , Secara umum aplikasi dibagi menjadi beberapa kategori diantanraya :

  • Aplikasi Desktop
    Aplikasi ini dibuat untuk berjalan di platform desktop (PC,MacOS,LinuX) kita perlu menginstall terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan aplikasi tersebut.
    Aplikasi ini beragam jenisnya mulai dari aplikasi office,desain grafis,video editor,utility hingga games.
  • Aplikasi Mobile
    Merupakan aplikasi yang didesain dan dibuat untuk berjalan di Mobile device seperti Tablet dan SmartPhone,tidak hanya itu aplikasi mobile ini juga disesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan (Windows mobile ,Android,iOS). Untuk bisa menggunakan aplikasi jenis ini kita harus menginstallnya terlebih dahulu.
  • Aplikasi Web
    Untuk bisa menggunakan aplikasi web kita tidak perlu menginstall nya terlebih dahulu, kita hanya perlu aplikasi browser yang bisa digunakan untuk mengakses semua aplikasi web yang ada .Aplikasi web bersifat flexible dan cross platform dengan kata lain ,aplikasi web bisa diakses dari platform dan sistem Operasi manapun (Desktop,Mobile ,Windows,Linux,iOS,Android,MacOS).Aplikasi web hanya diinstall di web server dan bisa diakses melalui layanan web service.
    diagram alur cara kerja aplikasi web

Unsur Dasar Pembentuk Website

Walau terlihat sangat sederhana namun sebuah website merupakan hasil penggabungan beberapa komponen yang terintegrasi dan bekerja dengan baik .Komponen utama dari sebuah website secara garis besar bisa dijabarkan sebagai berikut :
unsur dasar pembentuk website

  • Domain
    Domain merupakan alamat website kita dalam format human readable text yang mudah diingat dan digunakan saat kita ingin mengakses alamat sebuah website dengan cara mengetikan nya di address bar browser. Pada dasarnya alamat sebuah website merupakan IP Addess dari web server ,namun karena orang susah mengingat IP maka dibuatlah DNS server yang fungsinya sebagai penerjemah  alamat website dari format human readable text ke bentuk IP atau sebaliknya sesui kebutuhan.
    Sebagai contoh untuk domain website ini adalah www.tembolok.id dengan ip yang dirahasiakan untuk keamanan melalui layanan CDN cloudflare
  • Hosting
    mempunyai alamat saja tidaklah cukup untuk membuat website berjalan, kita perlu sebuah rumah /space untuk meletakan file aplikasi web itu sendiri dan data pendukung informasi yang ingin kuta sajikan dalam bentuk website misalnya file gambar,tulisan(database) dan video.
  • CMS (Content Management System)
    CMS merupakan apllikasi web yang fungsi utamanya adalah mengontrol interface dan content dari website yang kita bangun,pada CMS disertakan admin panel yang fungsinya untuk mengatur  kendali kinerja CMS itu sendiri mulai dari pengaturan theme,plugin,hingga interface untuk membuat sebuah artikel.
  • Content
    Content menjadi satu bagian yang sangat penting dalam sebuah website, karena content merupakan komoditas /produk dari sebuah website,content inilah yang menarik pengunjung untuk mengunjungi website kita. Content adalah sebuah informasi yang dikemas dalam bentuk tulisan,gambar,video atau gabungan dari semuanya .Agar website kita ramai pengunjung baiknya ketika membuat content kita mengambil topik yang kiranya dibutuhkan oleh banyak orang. “saat ini kamu sedang membaca content dengan topik cara membut website untuk pemula “

Bagaimana Membuat Website Sendiri?

Sekarang semua orang bisa membuat blog/website sendiri dengan sangat mudah,kamu tidak perlu belajar ini itu(programming) atau membayar jasa pembuatan website hanya untuk membuat sebuah blog/website,sekarang siapapunbisa membuat blog/website sendiri hanya dengan beberapa langkah dan beberapa klik,bahkan nantinya kamu bisa merawat blog/websitemu sendiri dengan sangat mudah.
Saya berani menjamin 10000% kamu bisa membuat blog/website sekalipun kamu tidak tau sama sekali tentang website,cukup ikuti 4 langkah mudah membuat website yang telah saya buat dengan teliti langkah-demi langkah dan jangan sampai ada yang terlewat dan kamu bisa membuat sebuah website kurang dari sejam.