PERBEDAAN IP PUBLIC dan PRIVATE beserta JENIS NYA

Diperbaharui Pada Tanggal

IP digunakan oleh semua perangkat komputer yang menggunakan jaringan untuk saling berkomunikasi,IP untuk jaringan internet disebut IP public sedangkan IP untuk jaringan lokal disebut IP Private.

IP public maupun private punya perbedaan dari segi fungsi range serta penggunaan nya,dari segi presistensi baik IP public ataupun private mempunyai jenis static dan dynamic.

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan mengenai IP public dan private beserta jenisnya dibawah ini.

Apa itu IP Address

IP Address adalah Label angka yang dipasang pada setiap perangkat yang tersambung ke jaringan komputer dan menggunakan Internet protocol untuk komunnikasi.IP address mempunyai 2 fungsi utama yaitu mengidentifikasi host atau network intrface dan pemetaan.

IP address Sebagai Alamat dan Pengenal

Untuk bisa saling berkomunikasi komputer memerlukan IP Address,IP address merupakan alamat pengenal standar untuk semua perangkat di jaringan yang menggunakan standar protocol internet.

IP address inilah yang menjadi label kemana paket data akan dikirim dan diterima.jadi semua perangkat yang terhubung ke jaringan harus mempunyai IP Address yang menjadi alamat standar pengiriman dan penerimaan data .

Pada umumnya untuk memudahkan penyebutan  “IP address” sering juga disebut dengan istilah “IP” saja,IP address yang sering digunakan adalah IPV4 .

Mengenal IP Public

IP publik adalah alamat IP yang diterima oleh router rumah atau kantormu dari ISP tempat kamu Berlangganan internet.IP public diperlukan oleh semua hardware agar bisa mengakses dan diakses dari internet,seperti routermu hingga server website.

ip public digunakan untuk server dan router pada jaringan internet
IP public di Router dan server

IP public untuk setiap perangkat bersifat uniq/berbeda sehingga bisa menjadi pembeda dan identitas untuk semua perangkat yang tersambung ke jaringan internet.

Alamat IP digunakan oleh ISP untuk memforward paket data internet ke rumah atau kantor mu,ini seperti saat tukang paket mengantarkan paket pesanan mu berdasar alamat rumah yang kamu berikan.

Coba fikirkan bahwa alamat IP public yang kamu miliki seperti alamat pada umumnya yang kamu miliki,seperti alamat email,alamat rumah yang kesemuanya adalah berbeda untuk setiap orang.
Itulah alasan nya kenapa pengirim paket/pengirim email tidak pernah nyasar karena tidak ada duanya di dunia ini dan hanya kamu yang punya.

Prinsip kerja yang sama diterapkan ke alamat IP Public mu sehingga paket data dikirim ke jaringan mu bukan ke orang lain.

6 Fakta IP Public Yang Belum Kamu Ketahui

  • Dulu Tidak ada IP Public dan Private- Saat IPv4 diciptakan dan digunakan oleh DARPA (Defense Advanced Reserch Project Agency) pada tahun 1970,tidak ada istilah IP public dan IP private,ini dikarenakan jumlah komputer saat itu masih sedikit.

    Pada saat itu digunakan pengalamatan 32bit angka binary sebagai IPv4 untuk perangkat jaringan dan komputer,Dengan 32bit IPv4 didapatkan 4,294,967,296 IP unik ini merupakan angka yang sangat banyak dikala itu dan lebih dari cukup.
  • IP Private Ada Ketika Sadar IP Akan Habis –Diawal tahun 1990an pertumbuhan dunia komputer dan jaringan sangat pesat sedangkan pengalokasian IP disaat itu belum ada,karena menyadari bahwa IP bakal habis jika tidak diatur maka munculah ide untuk mengalokasikan IP khusus untuk perangkat Local network atau yang dikenal dengan IPv4 Private addresses, ide tersebut direalisasikan dalam terbitan RFC 1918 yang berisi deretan IP yang harus digunakan untuk perangkat Local Network /internal network.
  • Tidak Sembarangan Bisa Pakai IP Public- Pengalokasian IP addresses public diatur oleh organisasi yang disebut IANA (Internet Assigned Numbers Authority). IANA bertanggung jawab atas pengalokasian IP address (baik IPv4 atapun IPv6) ,mengalokasikan IP khusus untuk keperluan Khusus seperti militer /penelitian,mengatur dan mendistribusikan IP berdasar regional /negara .
  • Kamu Bisa Dapat IP Public Dari ISP- Kedua jenis IPv4 ataupun IPv6 pada dasarnya dialokasikan secara terstruktur. Kamu sebagai pengguna atau organisasi dapat mendapatkan IP address public dari ISP (Internet Service Provicer).

    ISP mendapat Alokasi IP address dari LIR (Local Internet Registry) atau National Internet Registry (NIR) atau mendapat alokasi dari Regional Internet Registry (RIR).
  • IP Public Hanya Digunakan Oleh Router dan Server- IP public langsung menghadap ke jaringan global internet,dimana hacker beraksi sehingga tidak sembarang perangkat dipasang IP public untuk alasan keamanan.

    Secara umum IP public hanya dipasang pada perangkat yang memerlukan koneksi internet secara langsung agar perangkat tersebut bisa mengakses dan diakses dari internet secara langsung seperti Router dan Server.
  • Melacak Hacker dari jejak IP Public- karena IP public dalam penggunaan nya memerlukan registrasi sebelum dialokasikan maka IP Public ketika di WHOIS (istilah untuk melihat kepada siapa IP /Domain diregister) akan muncul data dari pemilik/organisasi dan negara pemegang IP public tersebut.makanya keberadaan hacker dapt diketahui dari jejak /log IP yang tertinggal ketika melakukan hacking di TKP.
  • Dunia Dibagi 5 Region Untuk Distribusi IP public- Untuk memudahkan pendistribusian IP public berdasar regional maka dibentuklan 5 organisasi RIR
otoritas regional pengalokasian ip public di dunia
Regional IP public
RegistryArea Covered
AFRINICAfrica Region
APNICAsia/Pacific Region
ARINCanada, USA, and some Caribbean Islands
LACNICLatin America and some Caribbean Islands
RIPE NCCEurope, the Middle East, and Central Asia

Mengenal IP Private (IP Local)

IP Private adalah IP address yang digunakan untuk jaringan internal (LAN) dibalakang router/NAT terpisah dari jaringan internet secara langsung.

Network address translation (NAT) adalah sebuah metode remapping satu IP address ke beberapa IP dengan cara memodifikasi informasi network address pada IP header paket data ketika paket transit di perangkat router.Sederhananya kamu bisa menggunakan satu IP untuk menyamarkan beberapa IP dibelakang router/NAT agar memiliki akses yang sama ke jaringan seperti satu IP yang diNAT tadi.

ip private hanya digunakan oleh jaringan LAN

5 Rahasia IP Private Yang Belum Kamu Ketahui

  • Hanya digunakan pada jaringan LAN -Disebut private  karena IP ini hanya bisa diakses dari jaringan local saja dan tidak bisa diakses melalui jaringan internet secara langsung tanpa bantuan router(NAT).

    IP private digunakan oleh gadget seperti printer,komputer,laptop,smartdevice pada jaringan local (LAN) agar sesama dapat saling berkomunikasi dalam lingkup jaringan lokal seperti sekolah,kantor,toko,pabrik,dll.
  • Diperlukan Router/NAT agar IP private bisa mengakses internet– Agar IP private dapat mengakses internet maka diperlukan router yang berfungsi sebagai NAT (Network Address Translation).

    Walau sudah terkoneksi ke internet IP private tetap tidak bisa diakses langsung dari internet, karena dari sudut pandang Internet, IP private mu terlihat seperti IP publik yang digunakan untuk NAT
  • IP Private Seperti Nomer Intercom- IP private persis seperti nomer telepon local/interkom dalam sebuah kantor ,nomer local intercom tidak bisa digunakan untuk menelepon ke luar (katakanlah internet) .

    Diperlukan Nomer telepon yang terdaftar ke telkom (katakanlah 1 IP publik) agar pengguna intercom bisa menelepon ke semua nomer yang ada di dunia (katakanlah Berinternet)
  • Tidak Perlu Berlangganan Internet Untuk Dapat IP Private- Dalam penggunaan nya IP private tidak perlu didaftarkan/registrasi ke pihak otoritas sebelum digunakan karena penggunaan IP private telah diatur,dialokasian  dan distandarkan oleh IANA (Lembaga yang mengatur penggunaan dan pengalokasian IP di planet bumi ) dalam terbitan RFC 1918.
  • IP Private Punya Aturan- Alokasi IP v4  private sesuai standar internasional ketika  Internet Engineering Task Force (IETF) telah menunjuk  Internet Assigned Numbers Authority (IANA) untuk mengalokasikan IPv4 untuk jaringan private , yang diterbitkan dalam  RFC 1918 dibagi menjadi 3 kelas yaitu:
    Kelas A 10.0.0.0 to 10.255.255.255
    Kelas B 172.16.0.0 to 172.31.255.255
    Kelas C 192.168.0.0 to 192.168.255.255
  • Komputer dan Gadgetmu Menggunakan IP Private- Walau kamu bisa terkoneksi ke internet namun perangkat mu menggunakan IP private yang di NAT ke IP public oleh router yang berada di jaringan kantor atau rumah mu.

Perbedaan IP Public dan IP Private

Walau kedua IP Public ataupun private sama-sama digunakan sebagai pengenal oleh perangkat dalam jaringan komputer agar bisa saling berkomunikasi,namun keduanya punya perbedaan yang signifikan.

  • IP Public Bersifat Uniq,IP Private tidak– Tidak seperti IP public yang uniq(tidak ada duanya),perangkat dirumah mu bisa mempunyai IP private yang sama dengan tetangga ataupun banyak orang diseluruh dunia.
  • IP Public Bisa Diakses Langsung Dari Internet,IP Private Tidak- Ini dikarenakan IP Private bersifat non-routable dan perangkat jaringan di internet yang menggunakan IP private didesain dan diprogram untuk tidak berkomunikasi secara langsung dengan IP lain yang berada dibalik router.
  • Tidak seperti IP Public,IP Private Tidak Bisa Langsung Terkoneksi ke Internet- Karena IP private tidak bisa terkoneksi ke internet secara langsung maka diperlukan minimal satu IP public agar semua IP private di jaringan bisa mengakses internet menggunakan fitur Network Address Translation (NAT)

Bagaimana Cara Mengecek IP Public Mu?

Sebenarnya kamu tidak perlu repot untuk mengecek IP public yang sedang dipakai saat ini,karena kebanyakan untuk pengguna kantor atau rumahan perangkat komputer atau gadgetmu menggunakan IP private yang di NAT ke IP public oleh router agar bisa terkoneksi ke internet.

Dari komputer atau gadgetmu kamu bisa mengecek IP public yang sedang kamu gunakan dengan membuka website www.cmyip.com ,Jika kamu dirumah atau kantor saya pastikan IP Public yang kamu lihat terpasang di router,bukan di komputer/gadgetmu.

Perangkat yang sedang kamu gunakan hanya terpasang IP private yang di NAT ke IP public yang terpasang di router rumah atau kantor mu.

cara cek IP public sendiri

Kenapa IP Public Mu Selalu Berubah?

Kebanyakan IP public yang didapat dari ISP selalu berubah terutama saat modem mu direstart,semua tipe IP address yang dapat berubah-ubah disebut dengan Dynamic IP Address.

  • Penghematan ISP- Banyak pelanggan ISP hanya terkoneksi internet pada waktu-waktu tertentu dan IP public yang sudah tidak terpakai /idle bisa digunakan oleh pelanggan lain yang sedang aktif dan membutuhkan koneksi internet.

    Dengan cara ini ISP tidak perlu membeli IP Public dalam jumlah besar sesuai dengan jumlah pelanggan yang dimilikinya.Cara ini masih dipakai hingga saat ini walau sebagian besar dari kalian tetap terkoneksi ke internet.
  • Alasan Keamanan- Semua server menggunakan IP Public static ini dilakukan untuk memastikan user bisa mengakses server secara konstan.

    Berbeda dengan jaringan rumahan yang selalu diberi IP Public dynamic oleh ISP untuk tujuan kebaikan pelanggan seperti :
    -Menghindari penyalahgunaan IP public oleh pelanggan untuk membuat webserver dari rumah yang berpotensi server tersebut di hack dan menjadi pintu masuk hacker ke jaringan ISP.
    -Jika IP public mu static hacker bisa saja mentartget IP mu dan mencoba berkali kali hingga berhasil masuk ke jaringan mu .
  • ISP Lebih Mudah Memanage IP Pelanggan- Pelanggan dengan IP public dynamic lebih mudah dimanage saat mereka pindah domisili tanpa perlu melakukan setting/pemindahan IP public nya.

    Contoh: Saat kamu pindah kelain lokasi yang masih tercover ISP mu dan kamu punya IP Public static maka ISP perlu melakukan extra konfigurasi untuk memastikan kamu mendapat IP public yang sama di lokasi barumu.

    Berbeda jika kamu mendapat IP Public dynamic,ISP tidak perlu susah payah mengalokasikan IP untuk mu dan kamu bisa langsung mendapat IP Public dari pool yang tersedia di lokasi baru mu.

Perbedaan IP Static dan IP Dynamic

Berdasar sifat persistensinya baik IP public ataupun IP private bisa dikategorikan menjadi 2,yaitu :

  • Dynamic IP Address
    Disebut IP Dynamic / dinamis karena IP yang didapat perangkat komputer akan berganti setiap perangkat komputer direstart.

    Seperti IP Address yang didapat modem speedy, IP yang kamu dapat saat konek ke hotspot akan berubah setiap kali perangkat direstart.

    Penerapan IP dynamic dengan DHCP Server sangat memudahkan user karena perangkat akan mendapatkan IP secara otomatis saat terkoneksi ke jaringan.
  • Static IP Address
    Static IP atau ip statis adalah IP yang dipasang secara manual atau  IP yang dialokasikan secara permanen khusus oleh router untuk suatu perangkat komputer (router,tablet,smartphone,smart device dll),sehingga ketika perangkat direstart IP tidak berubah.

Leave a Comment