Pengertian Bandwidth dan throughput serta kuota internet

Pengertian bandwidth dan troughput

Banyak orang tidak mengerti betul apa sebenarnya bandwidth ketika menggunakan internet, mengerti akan pengertian bandwidth dan throughput bisa menjadi modal ketika kita memilih paket internet,baik internet seluler atau internet kabel.Mengerti apa itu bandwidth saja belum cukup,karena kebanyakan orang mengeluh kenapa internet kadang lambat dan kadang cepat maka dari itu disini dijelaskan pula pengertian throughput. internet seluler pada umumnya mempunyai kuota baik kuota speed atau volume base,dibagian akhir dijelaskan pengertian kuota dan dijelaskan perbedan kuota speed dan volume.

 

A.BANDWIDTH

  • Bandwidth Analog

    Bandwidth analog adalah rentang antara frekuensi terendah dengan frekuensi tertinggi yang digunakan pada transmisi signal radio (digital dan analog). dalam satuan Hertz (Hz)

  • Bandwidth Digital 

    Bandwidth digital adalah banyaknya data (bit) yang dapat dikirimkan dan diterima dalam 1 detik.
    Satuan yang biasa digunakan adalah bits,Byte,Kilo,Mega,Giga
    1bit mewakili data yang dikirim dalam bentuk digital (1 (on) dan 0(off))
    1Byte(1B)=8bits           1Kilobit(1kb)=1.000bits          1KiloByte(1KB)=8.000bits
    1Megabit(1Mb)=1000.000bits   1Gigabits(1Gb)=1.000.000.000 bits

Pengertian Bandwidth internet

pengertian bandwidthSecara teknis pengertian bandwidth adalah banyaknya data(bit) yang dapat dikirim atau diterima antar perangkat komputer dalam satu detik (BPS) Bit Per Second.

Sedangkan dalam kehidupan sehari-hari pengertian Bandwidth Internet  adalah batas kecepatan maksimal yang diberikan oleh ISP (Penyedia jasa layanan Internet) kepada kita untuk mengirim(upload) dan menerima(download) data dari dan ke jaringan internal atau ke internet.
bandwidth diibaratkan sebuah ukuran pipa yang akan lilalui oleh air,semakin besar pipa,makin besar pula data yang bisa mengalir melaluinya.

Karena komputer saling bertukar informasi dengan mengirim dan menerima data,maka bandwidth internet dibedakan menjadi 2 jenis yaitu:

  • Bandwidth Uplink (Batas kecepatan upload)

    Pengertian Upload
    Upload adalah proses ketika kita mengunggah/mengirim data dari perangkat kita(gambar,text,video,dll) ke perangkat lain menggunakan jaringan komputer/ internet. jadi sekecil apapun data yang kita kirim melalui jaringan Pengertian bandwidth uploadkomputer itu disebut upload (bahkan ketika kita mengirim pesan BBM,WA,FB ke teman kita sudah disebut upload)

    Uplink  digukaan ketika kita mengirim data lewat jaringan komputer/ internet, data ini bisa berupa text,audio,video,gambar dll. seperti saat kita menulis status ke facebook atau menulis komentar ke blog,unggah gambar ke instagram,kirim foto ke temen, dll. penggunaan uplink tidak begitu besar dibandingkan penggunaan downlink.oleh sebab itu kecepatan uplink tidak pernah ditulis jelas di iklan penjulan layanan Internet.

  • Bandwidth Downlink  (Batas kecepatan download)

    Pengertian Download
    Download adalah proses ketika kita mengambil data (gambar,text,video,dll) ke komputer kita menggunakan jaringan komputer atau internet. ketika kamu browsing kamu sudah melakukan kegiatan download,karena komputer /perangkat yang kita gunakan sudah mengambil data(gambar dan text) dari internet ,pada umumnya download pengertian bandwidth downloadhanya diartikan ketika kita mengambil file music dan video dari internet.

    Downlink digunakan untuk mengambil data menggunakan jaringan komputer internet,seperti disaat kita sedang menonton youtube,download music,gambar,mencari artikel dll.
    Bandwidth yang tertera ketika kita melihat ” iklan penjualan Internet” adalah bandwidth downlink,sedangkan uplinknya tidak dicantumkan,karena user biasa lebih memerlukan bandwidth downlik daripada uplink. uplink yang besar hanya diperlukan oleh server dan kalangan tertentu untuk mengupload file agar lebih cepat.

B.TROUGHPUT

Pengertian throughput

pengertian throughputTroughput adalah kecapan yang kita dapat pada saat kita mengirim atau amenerima data menggunakan jaringan internet. Troughput disini diibaratkan air yang mengalir melalui pipa, yang besarnya dibatasi oleh besarnya pipa (bandwidth),jadi troughput tidak mungkin lebbih besar dari bandwidth yang telah ditentukan. tetapi troughput bisa lebih kecil dari yang telah ditentukan.
Banyak faktor yang mempengaruhi besarnya troughput yang kita dapat pada saat kita mengirim dan menerima data lewat jaringan internet,diantaranya:

  • Jam Sibuk

         jam sibuk jaringanJika setiap jam sibuk mendadak internet jadi lemot,kemungkinan alokasi bandwidth ISP sedang penuh sesak,sehingga paket data yang kita kirim atau terima mengalami pending,biasnaya ISP akan membuat pool dimana user akan ditempatkan dalam jumlah tertentu dan diberi alokasi bandwidth y ang telah ditentukan,ketika semua user aktif maka paket data menjadi antre,tetapi ketika sedikit user yang aktif,kita bisa mendapat speed lebih dari yang ditentukan.

  • Kualitas jaringan     kualitas jaringan

     Jaringan paling bagus adalah jaringan kabel,karena bebas interferensi,jika Jaringan yang ISP atau  kita gunakan adalah wireless,biasanya akan lebih sering trouble karena wireless rawan akan  gangguan signal dari perangkat lain (interferensi) serta gangguan alam yang menyebabkan signal yang lemah(terhalang pohon,gedung,gunung ,hujan dll).

    Yang sering mengalami gangguan signal drop atau kualitas signal jelek(biasnaya interferensi)  biasanya para pengguna internet wireless(GSM ,CDMA,WIFI) kecepatan uplink server

  • Kecepatan uplink server

    Server untuk website besar memang mengalokasikan uplink yang besar,tapi jika pengunjung berlebihan maka tidak tertutup kemungkinan uplink akan habis, sehingga ketika kita mengakses server tersebut dan mendownload data,maka kecepatan yang kita dapat tidak akan full.

  • Maleware

    malwarejika ada malware di komputer /jaringan bisa berimbas pada penurunan kualitas jaringan,karena jaringan atau komputer akan sibuk digunakan oleh si malware,jika kamu pengguna internet seluler (GSM CDMA) biasnaya akan muncul trafic walau internet tidak digunakan, malware juga bisa mengubah routing  atau membelokan trafik ke jaringan malware itu sendiri ,sehingga komputer akan terasa lambat jika digunakan untuk mengakses internet.

C.Kuota Internet

Pengertian kuota internet

paket kuota internetKuota adalah jatah,dalam istilah internet kuota adalah alokasi atau jatah yang diberikan ISP untuk pelanggan nya sebagai batas penggunaan internet. jatah disini bisa berupa jatah kecepatan/internet speed/bandwidth atau jatah berupa volume, akumulasi total data yang dapat diDownload dalam satuan Mb atau Gb.

  • Kuota Speed atau bandwidth (biasa disebut internet unlimited)
    Adalah batas kecepatan maximal yang kita dapat ketika kita melakukan download atau upload. internet yang  kita gunakan  tidak akan diputus jika melewati batas  kecepatan maximal,kita bebas download berapapun yang kita mau tanpa kuatir internet kita diputus karena habis kuota.
    Kuota speed hanya membatasi kecepatan download /upload dan tidak membatasi banyaknya data yang kita download /upload (volume)
  • Kuota Volume Base (Biasa disebut Unlimited Speed)
    adalah batas akumulasi total volume data yang bisa kita download dari internet (satuan Gb).paket  internet jenis ini akan menawarkan kecepatan yang luar biasa(karena kecepatan tidak dibatasi) tetapi besar data yang bisa kita download telah ditentukan,dan ketika kita telah mendownload data dari internet melebihi volume yang telah ditentukan biasanya internet akan diputus atau diturunkan kecepatan nya (Tergantung kebijakan operator)
Pembahasan Terkait
Pengertian SubNetting Fungsi dan Cara Menghitung SubNet

Pengertian Subnetting (Membagi Jaringan) Subnetting merupakan tehnik membagi jaringan (network) menjadi beberapa sub jaringan (sub network) dengan jumlah anggota/host yang Read more

ip private dan ip public
Apa Itu IP PUBLIC ,IP PRIVATE Serta PERBEDAAN nya

Dalam jaringan komputer yang menggunakan protocol TCP/IP,IP digunakan oleh semua perangkat komputer yang menggunakan jaringan untuk saling berkomunikasi,IP untuk jaringan Read more

Pengertian TCP/IP
Memahami Pengertian,Fungsi dan Cara Kerja TCP/IP

Apa itu TCP/IP ? Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) protocol standar yang digunakan dalam proses tukar menukar data antar komputer Read more

pengertian firewall jenis dan fungsinya
Pengertian firewall ,jenis dan fungsi nya

A.Pengertian Firewall Sering mendengar istilah firewall? tapi gak tau apa itu firewall sebenarnya.jangan kuatir disini akan dikupas habis-habisan semua tentang Read more

Halloo, Saya Arie

Saya orang biasa seperti mu, Saya suka sekali membantu orang-orang untuk belajar. Itulah sebabnya saya membuat website ini untuk membantu orang lain sepertimu agar lebih cepat dan mudah ketika belajar di internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas