Cara Belajar Linux Sendiri Secara Otodidak | Untuk Pemula

Beruntung nya Kamu, sekarang memulai belajar linux sangat mudah,dimana informasi dan panduan belajar linux sudah banyak, komunitas linux juga sudah besar (termasuk di indonesia) dan banyak orang yang peduli dan mau berbagi mengajarkan linux lewat tulisan dengan sukarela.

Saya dan teman saya (hary), telah membuat website www.BelajarLinux.ORG yang kami buat khusus untuk kamu yang ingin belajar linux agar lebih mudah dan cepat.

Disini saya hanya akan bahas cara dan tehnik belajar linux mandiri secara otodidak dan tidak membahas tutorial linux karena untuk tutorial linux ada di website www.Belajarlinux.ORG.

Kenapa Perlu Belajar Linux?

Walau windows menjadi OS terfavorit untuk kalangan end user di muka bumi ini, namun ada fitur dan  hal tertentu yang hanya dimiliki linux dan  memang harus menggunakan Linux.

Bagi user awam linux mungkin terkesan sulit (walau sekarang sudah sangat mudah),namun linux merupakan sistem operasi yang special dan diminati oleh kalangan engineer dan developer untuk mendukung projek mereka.

Berikut beberapa alasan kenapa kita perlu belajar Linux.

Free dan OpenSource

Alasan pertama adalah karena sistem operasi ini gratis 100% tanpa syarat dan batasan,jadi bisa digunakan untuk keperluan apapun,mulai dari personal hingga kelas enterprise tanpa bayar sepeserpun.

Yang paling penting lagi adalah sistem operasi ini bersifat Open source, dimana kode program nya dipublikasikan secara umum dan luas sehingga semua orang bisa mengembangkan Linux sesuai dengan keperluan masing-masing komunitas.

perlu diketahui,komunitas linux sangat besar sehingga perkembangan linux sangatlah cepat sehingga linux hampir perangkat cerdas yang ada menggunakan linux

Digunakan dibanyak perangkat

Karena sifat opensourcenya dan komunitas yang begitu besar maka linux menjadi sistem operasi pilihan untuk ditanam pada perangkat komunikasi dan industri,mulai dari Smartphone,mesin industri,mobil,security system,IoT,NAS,smart TV bahkan sampai ke mesin pembuatkopi dan mesin absensi.

karena pada dasarnya linux seperti building block yang bisa disusun modulnya untuk tujuan yang spesifik sehingga hanya memerlukan memory space yang kecil untuk menjalankan nya.

Linux adalah Nyawa Internet dan Perangkat Cerdas

Sebagian besar sistem operasi untuk server , perangkat jaringan dan perangkat cerdas semua menggunakan sistem operasi Linux, mulai dari Web server,VPS,CDN,Cloud,DNS,Firewall,Switch,Router,IoT,CCTV,alat industri,drone dll.

walau tidak tampak seperti menggunakan linux namun ketika masuk melalui remote SSH pada perangkat network tersebut akan kita jumpai linux shell.

Tuntutan Pekerjaan

Kemampuan mengoperasikan linux,melakukan konfigurasi dan membuat sever sudah menjadi keterampilan wajib yang harus dimiliki oleh seorang IT jika ingin mendapatkan pekerjaan lebih mudah.Linux sudah digunakan secara umum sebagai sistem operasi server dari perusahaan kecil hingga perusahaan besa.

Menggunakan sistem operasi linux akan menekan biaya operasional pembelian OS dan pembelian antivirus,perusahaan hanya perlu membayar orang yang ahli linux untuk mengelola server perusahaan.

Biaya gaji ahli linux jauh lebih murah dibanding jika harus membeli sistem operasi windows dan membeli antivirus dan aplikasi office lain.

Keren!! dan bangga

Untuk seorang pelajar/mahasiswa yang sedang belajar menuntut ilmu,belajar linux merupakan suatu kebanggan karena dirinya bisa menguasai sistem operasi yang ditakuti oleh banyak orang-orang awam.

Apalagi ketika telah hafal perintah shell, rasanya keren bangett!! walau point ini gak penting tapi sebagaian anak muda termotivasi untuk belajar linux agar keren apa lagi ketika menggunakan linux yang didesain untuk tujuan pentesting (Penetration Testing) seperti Kali Linux (dahulu bernama Backtrack)

Belajar Hacking

Karena sebagian besar server yang ada di internet menggunakan linux maka mau tidak mau kalau ingin belajar hacking juga harus belajar linux, belum lagi tool hacking biasnaya dikembangkan oleh komunitas opensource pasti menggunakan sistem operasi linux untuk menjalankan tool tersebut.

Komunitas linux juga telah mengembangkan distro linux yang spesifik untuk kegitan hacking, pada distro linux ini telah lengkap disediakan aplikasi dan module untuk melakukan kegiatan  pentesting (Penetration Testing).

Distro Linux untuk tujuan pentesting pada saat artikel ini dibuat adalah Kali Linux (dahulu bernama Backtrack),kali linux bisa diinstall di komputer,mobile phone dan di singleboard computer seperti raspberry pi atau bisa dijalankan secara live tanpa perlu install sehingga sangat portable untuk melakukan kegiatan pentesting.

Pentesting merupakan tindakan  pengetesan ketahanan terhadap suatu sistem keamanan untuk menemukan celah (vulnerability) dan mengimprove nya sehingga tercipta  system keamanan yang jauh lebih aman.

Gampangnya pentesting dilakukan oleh security auditor untuk mengetes tingkat ketahanan keaman suatu sistem, namun orang yang tidak bertanggung jawab juga menyalahgunakan nya untuk mencari celah keamanan dan menggunakan nya untuk keuntingan sendiri dengan tidak melaporkan vulnerability yang ditemukan nya tapi malah mengexploitasinya.


Rekomendasi Skill Agar Lebih Mudah Belajar Linux Otodidak

Sebenarnya tidaklah wajib kamu punya skill yang akan saya sebutkan dibawah ini, tapi jika kamu telah punya skill ini kamu akan bisa belajar linux “teknis” jauh lebih mudah dan cepat.

Jika kamu belum punya skill ini kamu tidak uda kuatir karena kamu tetap bisa belajar linux secara otodidak, minimal kamu sekarang sudah tau skill apa saya yang perlu kamu pelajari nantinya. Kamu bisa belajar sambil jalan.

Tau Dasar TCP/IP

memahami dasar jaringan sangatlah penting karena jika seseorang belajar linux pastilah linux ini akan terkonek ke jaringan yang memerlukan konfigurasi TCP/IP agar bisa diremot dari komputer mu.

Jadi belajar jaringan dasar terutama TCP IP akan sangat membantu ketika kamu melakukan trouble shooting terhadap linux mu yang ada di jaringan(baik lokal atau internet).

Tau Hierarki filesystem dan partisi

Hierarki filesistem dan partisi pada linux sedikit berbeda dengan windows,maka untuk mempermudah proses belajar baiknya kamu telah tau bagaimana partisi dan file sistem pada windows dibuat dan diatur sebagai modal untuk memahami hierarki filesistem dan partisi pada linux dengan lebih mudah.

Ketika kamu berhadapan dengan linux maka pengaturan dan setting hanya tersedia melalui command line interface (CLI) dan tidak tersedia melalui GUI.

Maka pemahaman dasar tentang storage drive dan hierarki partisi linux sangat lah penting mulai jenis volume,format filesystem,partition table,jenis partisi pada linux,mounting dan yang sejenisnya.

Sedikit tau Hardware dan driver Komputer

Ketika kamu belajar windows harusnya telah tau nama perangkat dan module yang menyusun sebuah komputer mulai dari Processor, ram, GPU, jenis slot dan interface,merek dan jenis chipset dan lain sebagainya.

Tidak seperti windows yang semua telah dibakukan tanpa perlu modifikasi pada individual module hardware,linux memberikan kebebasan untuk mengontrol dan memanage module yang terpasang pada komputer.

Jadi nanti kamu akan menemukan istilah yang sangat teknis tentang nama hardware dan teknologi yang digunakan nya ketika melakukan konfigurasi pada linux. Dengan mengetahui hardware komputer dan driver saat belajar windows akan sangat membantu ketika belajar linux dan sampai pada tahap ini.

Tau Proses booting dan proses install,update,uninstall aplikasi

Harusnya kamu telah paham ketika belajar menggunakan windows, karena saat menggunakan  linux pun kita melakukan install, upgrade, remove aplikasi hanya saja dengan cara yang sedikit berbeda.

Dengan mengetahui tatacara di windows minimal kamu tidak bingung ketika ingin melakukan nya di linux.

Mengetahui bagaimana proses booting berlangsung pada komputer sangatlah penting sebagai modal untuk melakukan konfigurasi linux, walau ini tidak mutlak namun akan sangat berguna saat melakukan trouble shooting dikemudian hari

Mengerti resource komputer dan pemakaian resource pada aplikasi

Karena linux bisa dicustom sesuka kita maka pemahaman penggunaan resource oleh suatu program sangatlah penting untuk menentukan alokasi resource untuk linux yang akan kita bangun seperti penentuan nilai partisi swap, keperluan RAM, processor, set partisi dll .

Jangan sampai kamu asal install service dan package  tanpa melihat resource yang diperlukan dan yang tersedia danmengakibatkan linux mu berjalan tidak sebagaimana mestinya.

Syarat diatas tidak menjadi wajib, hanya saja jika kamu telah menguasai semua itu proses belajar akan menjadi lebih mudah,jika belum bisa kamu pelajari  sambil berjalan.


Cara Memulai Belajar Linux Secara Otodidak

Gak usa bingung harus mulai belajar linux dari mana, karena begitu kamu ke website www.belajarlinux.ORG, dihalaman depan kamu akan langsung dibimbing. Kamu hanya perlu mengikuti hingga materi selesai

Lulus Kelas Belajar Linux Kelas Pemula di www.BelajarLinux.ORG

Jika kamu memutuskan untuk belajar linux untuk digunakan lebih dari mengetik dan nyetak dokumen, maka minimal kamu telah bisa menggunakan linux desktop.

Barulah setelah kamu sudah akrab dan bisa menggunakan linux desktop kamu bisa lanjut untuk belajar hal-hal “teknis” linux agar kamu bisa “ngoprek”.

Mengenal istilah yang digunakan Linux

Linux dan windows memang sama-sama sistem operasi, tapi keduanya punya perbedaan yang sangat kontras. Mungkin kamu sekarang sudah jago pakai windows, tapi linux adalah dunia yang berbeda.

Ada banyak istilah asing yang perlu kamu pahami agar proses belajarmu tidak tersendat saat menjumpai istilah linux ini di materi yang sedang kamu pelajari

Dengan pemahaman istilah populer tersebut nantinya kamu tidak akan bingung jika menemukan istilah asing yang belum pernah kamu dengar dan baca sebelum nya.

Memilih Distro Terbaik Untuk Belajar Linux 

Karena linux merupakan project opensource maka ada banyak sekali distro(jenis linux) diluar sana yang mengembangkan linux untuk keperluan komunitasnya masing-masing, olehkarenanya kamu harus menentukan distro linux  yang tepat untuk proses belajar.

Distro ubuntu dan turunan nya (seperti Linux Mint) merupakan distro terbaik untuk belajar linux. Saya menggunakan distro ubuntu saat memulai belajar linux tahun 2006 sewaktu masih SMK

  • Tampilan Desktop keren dan mudah dioperasikan seperti windows
  • Penginstallan aplikasi mudah bahkan lebih mudah ketimbang windows
  • Komunitas besar,forum lengkap jadi jika ada masalah bisa cepat terselesaikan

Belajar Menginstall Linux

Linux dapat diinstall dan dicoba dengan berbagai macam cara, pilihlah salah satu cara install linux yang cocok dengan kebutuhan dan keadaan kamu saat ini.

Proses paling pertama belajar linux adalah dengan belajar cara menginstallnya, kamu bisa menggunakan Virtual  machine (vmware atau virtualbox) sebagai media belajar, instalah dengan membaca disetiap langkah nya dan jika menemukan istilah yang asing segera “tanya google”, dengan begitu kamu akan paham dan mengerti.

Belajarlah dengan sabar dan tidak usah buru-buru yang penting kamu paham. Kamu bisa mengikuti panduan menginstall linux mint pada virtualbox jika belum mau menggunakan dualboot.

jika penginstallan pada virtual machine sukses cobalah install pada komputer fisik(gunakan HDD yang sudah tidak terpakai untuk bahan experimen jika kamu tidak ingin merusak OS yang ada), jika semua lancar dan bisa serta paham maka cobalah untuk menginstall linux dan windows secara berdampingan dengan cara dual boot.

Hafalkan dan Praktekan Perintah dasar Linux

Walau linux sekarang telah mempunyai GUI yang tidak kalah dengan windows namun kekuatan linux yang sesungguhnya hanya bisa diakses melalui Command Line Interface (CLI) yaitu dengan menggunakan perintah linux lewat terminal.

Jadi jika kamu ingin bisa menguasai linux 100% kamu wajib banget untuk bisa “menggunakan terminal linux” yang syaratnya kamu harus hafal perintah linux

Untuk bisa menghafal dengan cepat, kamu harus sering menggunakan nya. Ingat pedang bisa tajam karena sering diasah, akan tumpul dan berkarat jika tidak pernah digunakan.

Jangan cuman mbaca doang, tapi langsung praktekan!!!

Gunakan linux di komputer Utama

Memang kamu bisa menggunakan virtual machine sebagai sarana belajar linux, namun progressnya akan lebih lambat jika dibandingkan dengan kamu langsung menginstall linux pada komputer yang digunakan sehari-hari, jika komputer dipakai untuk gaming baiknya dibuat dualboot.

Dengan menggunakan linux langsung pada komputer utama, maka progress belajar linux akan menjadi lebih cepat dan terfokus, karena mau tidak mau kamu harus tau bagaimana cara menseting linux sesuai dengan yang kamu inginkan.

“jadikan google dan youtub sebagai senjata mencari informasi”

Punya Problem? Gunakan Google

Masalah apapun yang kamu dapatkan ketika belajar linux pasti sudah dialami oleh orang yang lebih dulu belajar linux, untuk memecahkan masalahmu selalu gunakan mesin pencari “google”.

Perlu diingat gunakan bahasa ingris sebagai keyword untuk mencari solusi akan masalah yang kamu hadapi karena kebanyakan orang yang berdiskusi tentang linux di internet menggunakan bahasa ingrris, jadi mau tidak mau kamu harus menggunakan bahasa inggris juga untuk mencari informasi di internet.

Bahasa indonesia memang bisa tapi jumlah informasi yang didapat sedikit dan kadang malah tidak ada,dengan menggunakan bahasa inggris maka kita bisa mencari informaasi yang berasal dari komunitas di seluruh dunia.

pemilihan kata kunci sangat mempengaruhi hasil dari pencarian,jadi pilihlah kata kunci yang tepat agar hasil pencarian sesuai dengan yang kita inginkan.

Membuat projek

Agar skill mu ter-asah maka buatlah projek apapun dengan linux, misalanya membuat server NAS atau membuat webserver atau membuat apapun yang kiranya bisa digunakan olehmu.

Karena saat kamu membuat projek dengan linux, kamu akan mendapatkan banyak pelajaran dan ilmu baru yang tidak pernah terbayang olehmu sebelum nya.

Sedikit frustasi dan merasa tidak berdaya karena kamu tidak tau apa-apa, tapi disitulah letak belajarnya kan? kalau sudah tau dan bisa semua lalu apa yang akan kamu pelajari?

Saat ini saya masih terus belajar linux, dan saya membuat ide projek sendiri yang bisa digunakan dan bermanfaat untuk tempat saya bekerja.

ERROR Adalah Tantangan bukan Musibah

Ketia belajar pasti akan ketemu dengan sejuta error,error muncul karena pengetahuan kita yang kurang akan hal yang sedang kita pelajari,jadikan eror sebagai tantangan yang harus kamu selesaikan ketika menjumpainya.

Ketika kamu berhaasil menyelesaikan masalah (error) maka kamu akan mendapat ilmu baru ,sekali lagi gunakan google sebagai mesin pencari informasi.

Kurangi Bertanya,Perbanyak Membaca

Jangan pernah bertanya langsung ke sumber secara personal to personal,jika ada wadah/platform seperti forum maka gunakan forum untuk bertanya agar orang lain dalam forum  bisa memberikan solusi dan orang lain juga bisa membaca hasil dari masalah mu ketika terselesaikan.

Dan satu lagi yang penting,belajar itu kita harus aktif mencari informasi dan menggali lebih dalam informasi yang kita dapatkan.

Jangan sampai kamu bertanya terus menerus ke narasumber secara berlebihan dengan pertanyaan yang tidak berbobot. “Bertanyalah seperlunya” dan gali infomasi sedalam dalam nya.

Akhir kata …

Panduan ini adalah cara yang telah saya gunakan untuk belajar linux secara otodidak dari dulu hingga sekarang dan terbukti efektif.

Menguasai linux bukan berarti bisa segalanya  namum bisa disini diartikan telah mengerti environment linux yang sedikit berbeda dengan windows dan bisa mengoperasikan dengan baik sehingga kamu bisa melakukan troubleshooting.

Setiap konfigurasi service dan aplikasi yang akan diinstall pada linux memerlukan pengetahuan teknis akan fungsi dan cara kerja dari aplikasi tersebut.

Menguasai linux saja belum cukup untuk bisa membuat suatu server(misalnya DNS server atau proxy), masih diperlukan pengetahuan teknis cara kerja dari  service dan aplikasi yang akan diinstall agar dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Namum untuk bisa menguasai linux secara general kamu cukup menguasai dasar sebagai modal dasar untuk memudahkan belajar ketahap yang lebih tinggi.

Kuasai poin penting berikut ini sebagai modal ,agar proses belajar linux mu menjadi mudah:

Sebagai point tambahan,kamu harus bisa juga untuk menginstall Linux,Menginstall aplikasi dan device,Membuat dualboot ,menginstall module dan customisasi lain nya.

Silakan dikembangkan sendiri ketika kamu telah mengusai dasarnya.

Pembahasan Terkait
Memilih Cara Install Linux Sesuai dengan Keadaan dan Kebutuhan

Linux bisa diinstall atau  dicoba melalui berbagai macam cara,linux memang hebat dan sangat flexible tidak seperti sistem operasi lain. Jika Read more

Memahami Struktur File Linux dan Tool Partisi Linux

FileSystem Hierarchy Standard(FHS) menentukan struktur linux directory dan isi dari directory tersebut dalam sistem operasi berbasis Unix. aturan ini diperkenalkan Read more

101 Istilah Penting Linux Yang Harus Kamu Ketahui

Saat kamu belajar menggunakan linux, kamu akan menemukan banyak istilah asing yang sering dipakai di dunia linux. Mau tidak mau Read more

Macam -Macam Distro Linux Sesuai kebutuhan

Linux menjadi sistem operasi yang spesial karena punya ratusan distro/jenis linux yang kesemuanya didesain dengan tujuan yang spesifik. Apapun kebutuhan Read more

Halloo, Saya Arie

Saya orang biasa seperti mu, Saya suka sekali membantu orang-orang untuk belajar. Itulah sebabnya saya membuat website ini untuk membantu orang lain sepertimu agar lebih cepat dan mudah ketika belajar di internet.

2 tanggapan pada “Cara Belajar Linux Sendiri Secara Otodidak | Untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas
Exit mobile version