Panduan Cara Membuat Blog dan Website Sendiri dengan WordPress

4 langkah cara mudah membuat website sendiri

Tutorial ini dibuat dengan sangat Detail mulai dari Tidak Paham SamaSekali hingga kamu BISA, jadi bacalah dan cerna panduan membuat website sendiri ini dengan TELITI baris demi baris agar kamu mengerti dan bisa membuat website sendiri.Membaca secara berurutan akan membantumu memahami secara sempurna tahap demi tahap ,apa itu website dan bagaimana cara membuat sebuah website sendiri.

Pengalaman Pribadi Saat Membuat Blog/Website Sendiri -Panduan ini saya buat dan susun serapih mungkin agar memudahkan kamu untuk memilih topik mulai dari cara membuat website untuk pemula hingga cara merawat dan melakukan optimasi blog/website.Tulisan ini merupakan tumpahan hasil pengalaman pribadi saya selama belajar dan mengelola blog/website ini dan www.belajarlinux.org . Panduan ini sangat cocok untuk kamu yang baru memulai belajar cara membuat blog/website sendiri hingga untuk mu yang sedang belajar mengelola dan mengoptimasi blog/website sendiri.

Tutorial detail– Tutorial cara membuat blog/website dan blog ini dibuat dengan sangat Detail mulai dari NOL hingga kamu BISA, jadi bacalah dengan sabar dan berurutan jika kamu belum tau tentang cara membuat website sendiri.Membaca secara berurutan akan membantumu memahami secara sempurna tahap demi tahap ,apa itu website dan bagaimana cara membuat sebuah blog/website sendiri.

Website untuk Blog Pribadi atau Perusahaan pada dasarnya sama, yang mebedakan hanya tampilan depan (templatenya saja).Kamu bisa membuat website sendiri untuk Blog /Perusahaan dengan mengikuti tutorial ini, tinggal sesuaikan saja theme/tema sesuai kebutuhan (Pribadi / Perusahaan).

Jika kamu ingin tau apa itu website dan ada apa dibalik website kamu bisa membaca pengertian website dan unsur pembentuk website

4 Langkah Mudah Cara Membuat blog/website Sendiri

Blog dan website perusahaan- Website dibuat bukan hanya untuk keperluan penunjang bisnis, namun sebuah website bisa digunakan untuk personal blog dinama kamu bisa menuangkan pengetahuan yang kamu punya ke dalam sebuah content informatif sehingga orang yang sedang belajar akan belajar lebih cepat berkat informasi yang telah kamu tulis dan publish dalam bentuksebuah Blog.

Membuat blog/website sendiri itu mudah-Sekarang semua orang bisa membuat blog/website sendiri dengan sangat mudah,kamu tidak perlu belajar ini itu(programming) atau membayar jasa pembuatan website hanya untuk membuat sebuah blog/website,sekarang siapapunbisa membuat blog/website sendiri hanya dengan beberapa langkah dan beberapa klik,bahkan nantinya kamu bisa merawat blog/websitemu sendiri dengan sangat mudah.
Saya berani menjamin 10000% kamu bisa membuat blog/website sekalipun kamu tidak tau sama sekali tentang website,cukup ikuti 4 langkah mudah membuat website berikut ini dengan teliti langkah-demi langkah dan jangan sampai ada yang terlewat dan kamu bisa membuat sebuah website kurang dari sejam.

Untuk membuat sebuah blog/website kamu hanya memerlukan 2 hal,yaitu Domain dan webhosting. 1 hal yang tidak aku tulis adalah content/tulisan,karena saya yakin kamu sudah mempunyai bahan content untuk mengisi website yang akan kamu buat.

Langkah Pertama : Memilih Nama Domain dan Webhosting

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum membuat blog atau website adalah menentukan nama domain untuk blog/website yang akan kamu buat.

DOMAIN- Saat kamu mengakses blog/website pasti blog/website tersebut mampunyai nama yang biasanya berakhiran dengan .com,.net,.org,.id dan dot yang lain :D,nama ini sekaligus digunakan sebagai alamat untuk mengakses sebuah website,seperti contoh saat ini kamu sedang membaca website yang berisi panduan cara membuat website pribadi dan perusahaan dengan alamat www.tembolok.id

Nah disini pasti sudah sudah punya bayangan nama domain apa yang akan kamu pilih dan gunakan untuk memberi nama sekaligus alamat untuk blog/websitemu. Agar lebih mudah ikuti kiat cara memilih nama domain saat membuat website

WEBHOSTING- Saat kamu menulis content/informasi yang akan kamu taruh di websitemu,maka kamu memerlukan tempat untuk menyimpan content mu (tulisan,gambar,video,file lain) agar bisa diakses kapanpun dan oleh siapapun saat pengunjung mengakses alamat websitemu menggunakan nama domain (misal www.namamu.net atau www.namaperusahaanmu.com).Karena hal tersebutlah kamu memerlukan yang namanya Webhosting untuk membuat sebuah website.Jika kamu belum ada gambaran atau kurang jelas kamu bisa membaca pengertian fungsi dan jenis layanan hosting.

Biar mudah sudah saya buatkan panduan memilih dan menentukan nama domain yang cocok untuk blog/website yang sedang kamu buat

Langkah Kedua :Membeli Webhosting dan Domain

Langkah kedua untuk memulai membuat blog atau website adalah membeli domain dan hosting,tapi kenapa saya harus mengeluarkan uang hanya untuk membuat website? Kan ada banyak cara untuk membuat website secara gratis.
OK,akan saya jelaskan secara sederhana dan masuk akal.

Gratis tapi Fitur Terbatas- Memang membuat website bisa dilakukan secara gratis,dan saya dulu juga menggunakan cara tersebut karena semua orang suka yang gratis-gratis.Hingga sampai suatu hari saya sadar bahwa di dunia ini tidak ada yang gratis,mereka tidak benar-benar memberikan nya secara gratis karena versi gratis mempunyai banyak sekali batasan dan sangat sulit untuk dikembangkan.
Saat saya tidak bisa mengembangkan website sewaktu menggunakan layanan gratis maka mau tidak mau saya harus beralih ke layanan berbayar agar website ku bisa dikembangkan dan punya fitur yang tidak terbatas.

“Pindah layanan dari gratis ke berbayar (ganti hosting/pindah rumah) sangatlah ribet dan bikin puyeng,belum lagi jumlah pengunjung yang menurun dan harus memulai dari NOL jika kita mengganti nama website /nama domain kita”

Sewa Hosting itu Murah- Sesuai dengan pengalaman saya yang pahit,mendingan kamu mengeluarkan uang sedikit untuk membeli domain dan hosting sekarang tapi kedepan nya kemudahan yang didapat.
Hosting dan domain itu tidaklah mahal,karena tersedia beberapa paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan kamu sekarang.Biaya sewa hosting dan beli domain untuk setahun tidak lebih dari 500rb,bahkan lebih murah dari uang rokok dan bensin mu dalam 2 bulan kan?

Banyak Layanan sewa Hosting,mana yang terbaik? – Memilih perusahaan webhosting dengan tepat bisa menentukan kualitas performa website yang akan kamu buat,ada banyak perusahaan yang menyediakan layanan sewa webhosting dan tiap perusahaan mempunyai kualitas yang berbeda-beda.Ikuti panduan berikut sebagai referensi menentukan pilihan terbaikmu.

Panduan Cara Memilih Layanan Hosting terbaik di Indonesia yang Murah Bagus dan Berkualitas 
Panduan cara membeli webhosting dan domain di layanan webhosting terbaik di indonesia

Langkah keTiga : Memilih dan Menginstall CMS

Setelah membeli domain dan hosting,kamu belum bisa langsung menulis artikel di /blog website yang akan kamu buat. Membeli/sewa webhosting ibarat kamu menyewa gedung/rumah/bangunan yang kosong melompong yang belum bisa digunakan untuk kegiatan apapun dan masih memerlukan perangkat lain untuk menjalankan sistem.Di dunia website sistem yang akan menangani semua urusan websitemu mulai dari alat untuk menulis,merubah dan mengatur tampilan website disebut dengan CMS (Content management System).

CMS dibuat untuk memudahkan orang (termasuk kamu) yang ingin membuat website sendiri tanpa harus belajar programming /membuat sendiri dari nol. Pada dasarnya CMS dibut oleh programmer menggunakan banyak bahasa pemrogramman mulai dari PHP,JS,CSS,XML.Ada banyak CMS yang tersedia di internet,namun saya sangat merekomendasikan untuk menggunakan CMS WordPress karena sangat cocok untuk pemula yang ingin membuat website sendiri,saya berani  bilang demikian karena saya menggunakan nya dari awal belajar membuat website sendiri hingga sekarang.

Coba kamu lihat data statistik penggunaan CMS untuk semua website yang ada di dunia ini,
wordpress digunakan oleh sebagian website yang ada di dunia

Berdasar data statistik penggunaan CMS yang digunakan diseluruh dunia dari https://trends.builtwith.com/cms,wordpress menempati urutan pertama dengan penggunaan lebih dari 30%

Kenapa WordPress ?

Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan kenapa saya merekomendasikan wordpress untuk membuat website /blog mu.

Open SOurce dan Gratis- WordPress gratis 100%, jangan kamu kita gratis itu abal-abal, wordpress gratis karena berlisensi opensource dan setiap orang bisa berkontribusi ikut mengembangkan wordpress.Karena wordpress dibangun dari komunitas yang sangat besar maka perkembangan wordpress sangat pesat dan menghasilkan CMS yang handal.

Komunitas Terbesar- Dengan pengguna terbanyak di dunia ,wordpress mempunyai banyak forum post dan artikel lain tentang wordpress yang ditulis oleh para blogger,sehingga jika kamu ada kesulitan saat menggunakan wordpress,maka telah banyak artikel yang bisa memberi solusi atas masalahmu

Banyak Fitur-Dengan komunitas wordpress yang besar,worpress mempunyai jumlah addon yang sangat banyak,mulai dari yang gratis dan premium.Addon secara umum dibuat untuk menambah fitur CMS WordPress  sesuai dengan tujuan website dibuat.
Walau CMS gratis namun untuk theme dan addon ada yang berbayar,addon / theme  berbayar ini jelas dibuat oleh pihak ketiga dengan menawarkan berbagai fitur premium dan service untuk penggunanya. Tidak usa kuatir karena biasanya hanya fitur tertentu saja pada addon /theme yang  bisa diakses jika kita telah mengambil paket premium,selebihnya gratis kok 🙂

Mudah,Flexible dan Tangguh- WordPress mempunyai interface yang simpel sehingga pemula sekalipun gak bakal kesulitan menggunakan CMS WordPress.Wordpress mempunyai kemampuan cuztomisasi yang luar biasa, hal ini didukung dengan banyaknya jumlah addon dan theme yang dibuat oleh komunitas dan didistribusikan secara gratis melalui portal official wordpress .Dengan komunitas yang sangat besar, jika ada bug akan cepat ditemukan dan dengan cepat pula dibuatkan update patch untuk menambal bug sehingga pengguna wordpress aman dari exploitasi oleh hacker.

Website besar kecil pakai WordPress- WordPress bisa digunakan dari website kecil/blog hingga bisa dikembangkan untuk digunakan oleh website perusahaan besar seperti BBC America,Bloomberg profesional,Sony Music,MTV News,Microsoft News Center dan masih banyak lagi.

Setelah domain dan hosting dibeli dan platform CMS telah dipilih yaitu WordPress maka tiba saatnya untuk menginstall wordpress di webhosting yang telah kamu miliki dengan mengikuti panduan cara mudah menginstall wordpress di webhosting sendiri dengan fitur https dan www

Langkah keEmpat: Menulis dan Mengatur Content

Setelah CMS berhasil diinstall maka website yang kamu buat sendiri telah online dan kamu bisa langsung mengakses websitemu menggunakan domain yang telah kamu tentukan sebelum nya.Kamu akan melihat bahwa website mempunyai tampilan yang standar dan terdapat banyak menu, tapi jangan kuatir saya telah membuat panduan cara Mengatur Tampilan,Backup dan Update Blog/Website WordPress yang bisa kamu jadikan referensi untuk memeprcepat proses mengenal CMS WordPress

Website yang baru online tidak mempunyai artikel/content dan kamu perlu mengisinya dengan artikel yang ingin kamu tulis saat ingin membuat website ini.Untuk memulai membuat artikel kamu bisa mengikuti panduan >cara menulis postingan/artikel/content menggunakan wordpress<

Optimasi Website WordPress

waktu tumbuh kembang website-Setelah website dibuat dan artikel ditulis maka sekiranya diperlukan waktu 5 bulan hingga 1 tahun sampai website mu mendapatkan audience/pengunjung/trafic tetap,karena mesin pencari “google,yahoo,bing,dll” masih mengamati website mu yang masih baby (dalam masa tumbuh kembang) dan melakukan penilaian terhadap kualitas dari artikel/content yang ada di websitemu,jadi bersabarlah kalau website mu belum muncul di “google”,memang  prosesnya seperti itu dan tidak bisa instan,kecuali kamu mau mengeluarkan banyak duid untuk melakukan kampanye dan membayar tenaga ahli (mengeluarkan duid pun perlu waktu).Jadi kesimpulan nya memang sebuah website memerlukan waktu untuk tumbuh dan berkembang hingga mendapatkan audience tetap.

Jeda waktu 5 bulan hingga satu tahun ini bisa kamu manfaatkan untuk fokus menulis content yang berkualitas dengan konsisten dan melakukan optimasi website wordpressmu agar website yang kamu buat sendiri lebih cepat mendapatkan audience/pengunjung secara alami dari mesin pencari “google dan kawan-kawan”.

Mendaftarkan website ke google- kebanyakan orang mengunakan mesin pencari google ketika mencari sebuah informasi,agar website kamu direkomendasikan ke orang yang sedang mencari informasi menggunakan google maka kamu perlu mendaftarkan website mu ke mesin pencari google menggunakan google webmaster tool

Optimasi WordPress- Penggunaan theme,gambar dan faktor internal lain dapat memperlambat website wordpress ketika diakses oleh pengunjung,ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sendiri untuk mengoptimalkan dan mempercepat loading page website wordpress.

WWW dan SSL – Menggunakan www dan SSL memberi tambahan nilai plus untuk website kita dimata mesin pencari “google”,jika kamu mengikuti panduan “cara membuat website sendiri” diatas kamu gak perlu melakukan nya secara manual,tapi jika kamu belum menggunakan WWW dan SSL kamu bisa mengikuti panduan cara merubah website wordpress menjadi www dan cara memasang ssl gratis di wordpress.

Keamanan dan Kecepatan – Untuk tindakan pencegahan dan pengamanan  website mu dari hacker dan juga untuk mempercepat akses websitemu “just in case” pengunjung websitemu membludak baiknya kamu menggunakan teknologi CDN mulai dari sekarang.Kamu bisa mengikuti panduan mudah cara memasang CDN cloudflare di wordpress.

Menambah Upload Limit- Untuk mengantisipasi kendala saat kamu ingin mengupload file dengan ukuran lebih dari 2MB saat kamu sedang menulis content/artikel,alangkah baiknya kamu menambah limit maximum upload file size pada wordpress.

Membuat  Sub Domain- Jika kamu menggunakan/mengaktifkan wordpress multisite maka kamu bisa membuat website lain dalam satu hosting dan menggunakan hosting dan domain yang ada saat ini.Kamu juga tidak perlu menginstall wordpress lagi untuk website barumu,dan yang paling penting kita bisa membuat subdomain dari domain yang telah kamu punya sekarang.Misalnya saya membuat http://tos.tembolok.id ingat tidak pakai www ya. Kamu bisa mengikuti tutorial cara membuat subdomain dengan wordpress multisite