Cara Mengusir dan Basmi Tikus Selamanya| 100% BERHASIL

Diperbaharui Pada Tanggal

DiJamin Berhasil,Usir Tikus Dengan Cara Ini

Cara yang akan saya bagikan ke kamu sudah saya praktekan dan berhasil hingga saat ini,cara ini biasa digunakan oleh para jasa pengusir dan pembasmi tikus profesional.

Karena saya sudah research dan praktekan cara yang dipakai oleh perusahaan jasa pest control dan ditambah dengan sedikit penyesuaian.

Cara ini akan fokus mengatasi akar permasalahan kenapa tikus suka masuk kerumah mu dan bersarang dirumah mu.

Cara yang akan saya bagikan terdiri dari 3 langkah yang harus kamu lakukan semuanya yaitu :

  • SANITASI
  • ELIMINASI
  • PREVENTASI

Pastikan kamu melakukan semua langkah tersebut jika ingin sukses mengusir dan membasmi tikus dari rumah mu selamanya

Tiga tahapan diatas saya buat berdasar hasil pengamatan kebiasaan dan perilaku tikus,sehingga kita bisa mengambil tindakan yang tepat agar tikus tidak tertarik untuk masuk dan tinggal dirumah mu.

Tidak Perlu Sewa Jasa Usir Tikus Profesional

Jika kamu malas melakukan nya atau tidak mungkin untuk dilakukan sendiri karena punya banyak tempat yang ukuran nya luas semisal untuk sebuah perusahaan maka kamu bisa menyewa jasa pengusir tikus (Pest control)

Tapi jika hanya untuk mengusir tikus di rumah atau sebuah toko dan gudang maka kamu bisa melakukan nya sendiri dan menghemat biaya pengeluaran.

Cara yang akan kamu lakukan sama persis dengan cara yang dipakai oleh jasa pembasmi tikus (pest control) dan hasilnya juga sama.

Membebaskan Rumah Dari Tikus Perlu Waktu dan Tenaga

Yang perlu saya tekankan disini adalah mengusir dan membasmi tikus itu “PERLU WAKTU dan TENAGA”,kamu harus bersabar dan rajin .

Dalam 2-3 bulan pertama kamu dituntut untuk aktif bekerja mulai membersihkan,hingga menambal lubang lubang yang ada.

Jangka waktu 3-4 bulan mungkin sudah mulai terlihat hasilnya jika kamu melakukan nya secara aktif dan teratur.

Setelah populasi tikus berkurang disekitarmu barulah kamu akan menikmati hasilnya dan hanya perlu melakukan pengecekan umpan sesekali dalam seminggu bahkan sebulan cukup sekali.

Kesuksesan Diperoleh Dengan Kerja Keras

Kesuksesan “membebaskan rumah dari tikus” diperoleh dari kerja keras ,kabar baik nya saya akan menuliskan langkah demi langkah yang perlu kamu lakukan tanpa kamu harus melakukan penelitian.

Kabar buruknya anggota keluargamu yang tidak sepandangan dengan kamu akan komplain,
yap mereka akan komplen dan tidak menghargai usahamu untuk “membuat rumah mu bebas dari tikus”.

Kok bisa? Karena cara yang akan kamu lakukan punya konsekuensi dimana akan banyak tikus yang mati dan menimbulkan bau busuk.

Biarkan mereka komplen,yang bisa mereka lakukan hanyalah komen tanpa mau melakukan sesuatu untuk merubah keadaan.

Kamu sedang melakukan usaha untuk merubah keadaan yang akan dinikmati oleh seluruh anggota keluargamu “termasuk yang komen dan komplen”

Banyak bangkai tikus akan terjadi diawal-awal saat kamu mempraktekan cara ini,walau kamu pakai jasa pengusir tikus hasilnya juga akan sama,diawal akan banyak tikus yang mati dan kamu perlu mencari dan mengubur bangkai tikus tersebut.

Umpan Khusus “Senjata para jasa pembasi tikus”

umpan racun yang saya pakai bukan umpan/racun tikus biasa yang ada di iklan tv,tapi umpan dengan IGR yang biasa dugunakan oleh pest control profesional.

Tikus tidak akan mati seketika dan tikus akan cenderung mencari sumber air dan tempat yang terang ketika racun bereaksi.
Namun jika diawal penggunaan racun biasanya akan ada yang mati di sela-sela atau sarang yang bahkan tidak kamu duga.

Hal ini wajar karena saking banyaknya tikus yang bersarang di rumah mu.

Untuk menghilangkan baunya jangan gunakan pewangi,tapi gunakan pembasi serangga seperti “baygon” untuk disemprotkan ke bekas tikus yang mati agar bakterinya mati dan tidak memproduksi gas busuk lagi.

Cara yang akan kita lakukan adalah tehnik mengusir dan membasi tikus terpadu dengan sistem jebakan dan umpan “racun”.

Gak usah takut saat pakai racun,semua alat ada cara pakai nya jadi yang terpenting kamu baca cara pakainya agar aman.

Saya akan kasih tau kamu cara menggunakan racun yang aman.

Difikiran mu pasti banyak pertanyaan, silakan baca dulu FAQ dibawah ini,jika tidak ada silakan kirim email ke saya,saya siap membantu.


Pertanyaan Yang Sering Diajukan (Q&A)

Biasakah Mengusir Tikus dengan Bahan Alami?

Jika kamu mengetikan kata kunci “cara mengusir tikus” maka banyak artikel di google yang isinya cenderung sama yaitu mengusir tikus dengan bahan alami.

Saya tidak pernah mempraktekan cara tersebut “beneran berhasil atau tidak”,kalaupun berhasil menurut pandangan saya itu tidak efektif karena sifatnya hanya “mengusir” sementara.

Tikus yang terusir tentu akan kembali lagi dan tidak sesederhana itu untuk berhasil karena segala hal ada ilmu,tehnik dan caranya.

Bagaimana Cara mengusir tikus yang ampuh dan efektif?

Cara mengusir tikus yang ada di internet dengan bahan-bahan alami seperti kamper,amonia,minyak peppermint,bulu burung hantu,ular plastik,lada,daunsalam,bawang atau apa lah tidak pernah dipakai oleh perusahaan jasa pest control.

Tapi yang mereka gunakan adalah dengan melakukan pembersihan/sanitasi dan mengendalikan populasi tikus dengan racun tikus khusus yang mengandung IGR ( Insect Growth Regulators )

Apa itu IGR yang Terkandung di Racun Tikus?

IGR ( Insect Growth Regulators ) adalah senyawa yang terkandung dalam racun serangga atau sejenis (racun tikus) yang fungsinya untuk menghambat pertumbuhan dan mengganggu fungsi reproduksi.

Sehingga tikus atau serangga yang terkena efek ini akan mengalamu kelainan/gangguan reproduksi sehingga perkembang biakan nya bisa dikendalikan/ditekan.

Bisakah mengusir tikus dirumah sendiri tanpa pakai jasa profesional?

Bisa banget asal kamu tau langkah,tehnik dan caranya,beruntungnya kamu saya akan menuliskan caranya untuk mu disini.

Kenapa tikus mengamuk setelah diracun?

Bukan seperti yang terlihat kejadian nya,mari kita ubah sudut pandang kita dalam menilai “sesuatu”

Tikus yang telah kamu racun 100% mati diluar rumah mu, tikus yang ada disekitar rumah mu masuk ke rumah mu untuk mencari makan dan tempat tinggal.

Tikus yang baru datang melihat kalau tidak ada penguasa di rumah mu “karen uda kamu racun dan mati penghuni sebelum nya” jadi tikus baru ini berpesta pora untuk mencoba ini itu.

Itulah kejadian yang sebenarnya,tidak ada istilah tikus mengamuk setelah diracun,tapi yang “terlihat mengamuk” adalah tikus yang baru masuk kerumah mu.

Apakah aman menggunakan racun?

Semua ada cara dan aturan pakainya,jika kamu mengikuti cara yang benar saya jamin aman.
Tenang karena saya akan sangat detail dalam memberikan cara menggunakan racun agar 100% aman.

Sampai kapan harus menggunakan racun?

Racun akan selalu dipasang dan dijaga stok nya dan dicek setiap hari ini untuk menjamin jikalau ada tikus baru masuk akan memakan racun tersebut.

Selama kamu tidak mau ada tikus dirumah mu tetap stok racun untuk tujuan perawatan dan pencegahan.

Bisakah mengusir tikus tanpa racun?

Kamu bisa menggunakan perangkap jika tidak mau menggunakan racun atau cukup tutup lobang dirumah mu yang memungkinkan dimasuki tikus.

Tapi jika ini tidak mungkin maka kamu harus menggunakan racun,karena lebih murah dan efektif jika dilakukan dengan cara yang benar.

Saya Punya Kucing,apa kucing saya tidak mati kena racun?

Racun tikus yang saya rekomendasikan hanya disukai oleh tikus,dan kucing tidak akan doyan.

Cara menggunakan nya juga tanpa harus dicampur dengan makanan,jadi jauh lebih aman.
Cukup letakan saja ditempat khusus tanpa dicampur apa-apa.

Rumah saya tidak ber plafon,gimana cara mencegah tikus masuk?

Sama seperti rumah saya yang bagian belakang dimana belum plafon dan dinding juga bolong-bolong sehingga tidak mungkin untuk menutup jalan masuk tikus.

Tapi saya bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan racun tikus yang ditempatkan di jalur tikus masuk,begitu ada tikus dijamin akan memakannya dan besoknya uda gak ada lagi.

Merek racun tikus apa yang bagus?

Saya sudah mencoba berbagai macam merek racun tikus terutama yang murahan yang ada di iklan ,harganya cuman Rp 5.000 tapi saya kapok pakai racun murahan.

Tikus matinya di tempat sempit/tersembunyi dan bau busuk nya parah banget (bangkai tikus basah).

Saya merekomendasikan merek PROTECT SAFE seperti yang saya pakai,emang sedikit mahal tapi tikus matinya entah dimana (tidak di dalem rumah) dan bangkai tikus tidak begitu berbau busuk (bangkai agak kering).

Jika tikus sekarat didalem rumah,tikus cenderung akan mencari tempat yang terang sehingga bangkainya mudah ditemukan dan dikubur.

Merek racun ini sudah mengandung IGR,nanti saya kasi tau cara pakainya ya ,selow ^_^

Apa bedanya merek racun tikus A dengan merek B?

Yang membedakan merek antar racun tikus adalah kebiasaan si tikus setelah memakan nya yang menentukan lokasi kematian si tikus.

Untuk merek yang murah tikus cenderung mencari tempat gelap dan sempit saat mendekati ajal sehingga bangkai susah dicari,dan yang paling parah adalah bau busuk si tikus tidak tertahankan.

Untuk merek yang agak mahal dan biasa dipakai oleh para profesional (pest control) tikus akan cenderung keluar rumah mencari tempat terang sehingga saat telah menjadi bangkai gampang ditemukan.

Dan yang paling penting adalah bau busuk yang dihasilkan tidak terlalu berasa,karena bangkainya agak kering tidak seperti bangkai tikus yang memakan merek murahan yang cenderung basah.


Tahap Pertama :
SANITASI

Langkah pertama yang diabaikan banyak orang ketika ingin mengusir tikus dari rumah nya adalah memperhatikan faktor kebersihan.

Serajin apapun kamu berusaha mengusir tikus baik menggunakan umpan ataupun jebakan,jika sumber masalah nya tidak diatasi maka tikus akan terus berdatangan.

Tikus menyukai tempat yang kotor,berantakan,banyak celah sempit,lembab dan banyak sumber makanan.

Jadi sumber masalah pertama yang harus kamu urus adalah masalah kebersihan rumah dan tempat tinggal mu.

Kenapa Tikus Menyukai dan Betah Di Rumah mu?

Tikus datang dan tinggal dirumah mu bukan tanpa motif dan tujuan,ingat ada akibat pasti ada sebab.

Inilah motif dan sebab tikus selalu datang dan sangat menyukai untuk tinggal dirumah mu sampai beranak pinak.

  • Tersedianya sumber makanan untuk tikus
  • Tersedianya akses jalan masuk ke rumah mu
  • Rumah mu berantakan dan kotor sehingga tikus senang dan mudah membuat sarang.

Kita bisa simpulkan bahwa tikus hanya akan tertarik dengan tempat yang tersedia sumber air,makanan dan bisa dijadikan tempat berlindung.

Itulah sebabnya kamu tidak permah menemukan tikus berkerumun di kawah gunung berapi,karena disana tidak ada sumber makanan dan tidak bisa dibuat sarang.

Cara Agar Tikus Tidak Datang Kerumah Mu

Kamu sudah tau kan kalau hewan pengerat seperti tikus sangat bergantung akan sumber air,makanan dan tempat berlindung untuk berkembang biak.

Jadi kamu sekarang sudah tau apa yang harus kamu lakukan agar tikus tidak mempunyai motivasi untuk datang ke rumah mu atau bahkan tikus akan terusir dengan cara ini.

1.Hilangkan Limbah Makanan Dari Dalam Rumah.

Sisa makanan yang ada dipiring baiknya dibuang ditempat sampah dan jangan ditumpuk bersama piring kotor lain nya.

Saat malam tikus akan datang dan memakan sisa makanan mu tadi,tikus akan senang dan selalu berdatangan disetiap malam.

Jadi usahakan untuk membersihkan piring dari sisa makanan sebelum kamu menumpuk nya.

2.Simpan Makanan Ditempat Aman.

Tikus bisa memakan makanan yang telah dimasak ataupun makanan mentah,jadi usahakan untuk menyimpan makanan ditempat yang tidak terjangkau tikus.

Kamu bisa menyimpan nya di lemari es,toples atau tempat yang bisa kamu gunakan agar tikus tidak bisa memakan nya.

3.Kosongkan/Pindahkan Tempat Sampah Dari Dalam Rumah.

Setiap malam baiknya tempat sampah yang kmau gunakan untuk menampung sampah dan sisa makanan kamu keluarkan dari rumah,sukur-sukur kamu bersihkan.

Ini dimaksudkan agar tikus tidak masuk kerumah mu untuk makan dari tempat sampah.

4.Pastikan Kolong Dirumah Mu Bersih.

Tikus suka banget sama tempat yang sempit-sempit,jadi pastikan kolong-kolong yang sempit kamubersihkan agar tidak dijadikan tempat favorit tikus untuk bermain.

5.Hindari Menumpuk Barang Yang tidak jelas yang kemungkinan bisa dijadikan sarang.

Barang barang yang tidak ditata dengan rapi dan terkesan berantakan akan dimanfaatkan oleh tikus untuk membangun sarang.

Jadi segera rapikan barang-barang dirumah mu ,coba sortir mana barang yang kepakai dan yang gak kepakai.

Kalau kepakai semua dibuat prioritas,yang sering dipakai taro disitu dan yang jarang dipakai kamu taro gudang.

Yang Saya Lakukan Untuk Mengusir Tikus

Rumah tempat saya tinggal belum semuanya tertutup,terutama dapur (belum ada biaya hehe),sedangkan untuk kamar dan ruang tengah/tamu sudah diplafon dan sudah berdinding batu bata.

Untuk ruang depan cara agar tikus tidak masuk sangat mudah, hanya perlu rajin menutup pintu tengah saat malam terutama saat mau tidur agar tikus tidak masuk.

yang jadi masalah adalah dapur,dimana belum ada plafon dan dinding nya masih memakai papan dan sebagian mambu yang bolong-bolong,serta lantainya sebagian masih tanah.

membuat dapur bersih dari sampah makanan
Membersihkan Dapur setiap malam

Jadi inilah yang saya lakukan setiap malam agar tikus tidak ada motivasi untuk datang kedapur :

  • A. Membersihkan tempat kompor dan sisa-sisa makanan ataupun minyak yang jatuh/terciprat saat memasak
  • B. Menempatkan piring kotor pada wadah dan membuang sisa makanan ,jadi tumpukan piring kotor itu tidak ada sisa makanan
  • C. Membuang sampah saat itu juga kalau ada sisa makanan didalam tempat sampah,atau hanya menaruh nya diluar rumah.
  • D. Memasukan bahan makanan mentah ke lemari .

Dengan melakukan hal sepele ini maka tikus tidak akan berkeliaran mencari makan di dapur mu,tapi jika ini adalah langkah yang baru saja kamu lakukan dan saat ini masih banyak tikus bersarang dirumah mu maka lakukan lah langkah kedua untuk membasmi tikus didalam rumah mu.


Tahap Kedua :
ELIMINASI

Membersihkan rumah tidak akan cukup untuk mengusir tikus yang sudah terlanjur bersarang dirumah mu,kamu perlu menghilangkan tikus yang telah sekian lama menghuni rumah mu.

Tidak Cukup Diusir,Kamu Perlu Membasmi nya

Jika tikus sudah terlanjur bersarang dirumah mu makan tidak ada cara mudah untuk mengusir nya,hal yang bisa kamu lakukan dengan mudah adalah dengan cara membasminya.

Kamu bisa mengusirnya dengan cara aktif seperti membongkar sarang atau memburunya,cara ini tergolong sulit dan tidak efektif.

Tikus akan kembali lagi sesaat setelah berhasil kamu usir,karena baginya rumah mu adalah rumah mereka.

Kamu bisa membasmi tikus dengan cara pasive menggunakan perangkap ataupun umpan racun tikus dengan cara yang benar (nanti saya kasih tau caranya) agar tetap aman.

Pilih Perangkap atau Umpan Tikus?

Membasmi tikus secara pasive bisa kamu lakukan dengan menggunakan perangkap ataupun umpan berupa racun tikus.

Penggunaan perangkap dan racun tikus biasanya digunakan bersama-sama tergantung situasi dan pertimbangan faktor keamanan.

Menggunakan perangkap dilakukan jika penggunaan umpan racun tidak memungkinkan digunakan lagi,silakan kamu pertimbangkan dan fikirkan dengan bijak.

Ada Banyak Merek Racun Tikus Pilih Yang Mana?

Dipasaran ada banyak merek dan jenis racun tikus,biasanya harganya murah mulai Rp 5.000 an sudah dapet 1/4kg.

Tapi saya tidak menyarankan untuk menggunakan umpan racun tikus merek murahan ini,alasan nya jelas tikus akan mencari tempat sempit dan tersembunyi saat sekarat dan mati.

Sehingga kamu susah mencari bangkai nya dan akan sangat merepotkan,jadi plis jangan pakai merek-merek ini,Saya sudah mengalaminya.

Tapi jika kamu penasaran dan tertarik harga murah ya silakan saja dicoba tapi jangan komplen kalau bangkai tikus susah dicari.

Saya menggunakan merek yang biasa dipakai para profesional “PROTECT SAFE ” dengan kandungan IGR dimana tikus tidak langsung mati saat memakan racun ini.

merek racun tikus protect safe dengan kandungan IGR jenis bromadiolon
Merk racun tikus yang saya gunakan

Tikus akan cenderung mencari cahaya dan mencari sumber air ketika sudah terpengaruh oleh efek racun tikus ini.

Selain itu racun yang saya pakai “PROTECT SAFE” didesain agar bisa dibawa oleh tikus ke sarang nya sehingga seluruh anggota keluarga si tikus bisa menikmati.

Tidak perlu dicampur dengan makanan ,sehingga kucing /binatang piraan tidak akan memakan nya,karena ini hanya dedesain dengan aroma yang tikus suka(Katanya begitu,tapi iya juga sih hehehe).

Cara Menggunakan Racun Tikus Agar Efektif

Kamu tidak bisa asal menaruh racun tikus disembarang tempat dan berharap tikus akan memakannya, kamu juga harus memikirkan aspek efektif dan keamanan.

Menempatkan racun tikus disembarang tempat bisa berbahaya,apalagi jika dirumah mu ada anak-anak.

Kamu harus sangat berhati-hati.

Ingat kesuksesan membasmi tikus bukan bergantung dari banyak racun yang kamu tebar,tapi tergantung dari pemilihan tempat untuk menempatkan umpan racun tikus tersebut.

1.Buat Tempat Khusus Untuk Menaruh Racun

Kamu tidak boleh menaruh racun tikus tergeletak begitu saja dilantai tanpa alas/tempat, walau ini racun tapi kamu harus perhatikan cara penempatan nya agar aman.

tempat umpan racun tikus dari kertas karton
Wadah umpan tikus buatan “jasa pengusir tikus” profesional

Kamu bisa membuat tempat racun tikus seperti gambar diatas sendiri menggunakan kertas karton bekas dengan cara digunting dan dilipat sehingga berbentuk seperti diatas.

Atau membuat sendiri dengan tehnik “seadanya” seperti yang saya lakukan dibawah ini:

wadah umpan racun tikus buatan sendiri dari kertas karton bekas
wadah racun tikus buatan sendiri

Wadah disini dimaksudkan agar racun tikus tidak berantakan saat tidak sengaja tersenggol binatang piaraan ataupun oleh tikus itu sendiri.

Selain itu kamu bisa dengan mudah untuk menempatkan ditempat yang susah dijangkau,cukup dengan menarik/mendorong wadah dengan bantuan bilah kayu,bambu,plastik atau sejenisnya.

2.Jangan Langsung Memegang Racun Secara Langsung

Jangan pernah memegang racun secara langsung,selain berbahaya juga dikhawatirkan racun yang telah tersentuh manusia dicurigai oleh tikus dan tidak mau memakan nya.

menempatkan racun tikus pada wadah yang telah kamu buat sebelum nya
menempatkan racun tikus pada wadah khusus

Jadi selalu gunakan sarung tangan atau plastik apapun jenisnya saat memasang umpan racun tikus ini.

Gak ada sarung tangan,plastik pun jadi, “orang indo harus kreatif”

3.Bersihkan Bekas Kotoran Tikus Sebelum Diberi Umpan

Kelihatan nya tidak perlu kan, tapi ini sangat penting.

Kotoran tikus biasanya berada di jalur yang sering dilewati tikus,kamu harus membersihkan nya agar bau tikus lama tidak menari tikus lain untuk masuk kerumah mu.

Jadi begitu ada kencing tikus,harus kamu bersihkan dengan segera (paling bagus menggunakan karbol,gak usa diberi pewangi)

Ingat wangi itu bukan tanda bersih,jadi fokus membersihkan bukan menjadikan wangi.

4.Tempatkan Racun di Jalur Tikus

Setelah kamu membaersihkan kotoran tikus pasti kamu sudah ada gambaran darimana tikus masuk dan jalan mana yang sering/akan dilewati tikus.

Tempatkan racun tikus (yang sudah kamu buatkan wadah) dijalur tersebut (jalur lalulalang tikus lama dan jalur masuk tikus baru).

Berikut adalah contoh penempatan umpan racun tikus yang dilakukan jasa pengusir tikus (pest control) di bagian gudang toko tempat saya bekerja.

penempatan umpan racun tikus
Racun tikus ditempatkan pada wadah dan diletakan dekat pintu masuk/tikus berpotensi datang

Untuk dirumah ku sendiri,wadah racun tikus saya tempatkan dikolong yang memang sering dilewati tikus.

memasang umpan racun tikus ditemapt yang sering atau berpotensi dilalui tikus
memasang umpan racun tikus

5.Selalu Cek Stok Racun Yang Telah Kamu Pasang

Saat awal penggunaan metode ini,diasumsikan masih banyak tikus bersarang dirumah maka racun yang kamu pasang bisa habis dalam semalem.

Jadi kamu harus mengeceknya setiap hari dan mengisinya lagi jika stok yang ada di wadah telah habis.

Ini dimaksudkan agar semua tikus yang masuk kerumah mu mendapat jatah secara adil dan merata.

6.Cuci tangan

Biasakan selalu mencuci tangan dengan sabun setelah memegang racun tikus walaupun sudah menggunakan sarung tangan/plastik sekalipun.

mencucitangan dengan sabun setelah memegang racun tikus
mencuci tangan dengan sabun

Ini dilakukan untuk memastikan tangan mu bersih dari racun.

Ingat BROO!!! ini racun bukan mainan!!!

Tips Aman Saat Menggunakan dan Menyimpan Racun Tikus

Racun berbahaya jadi berhati-hatilah saat menggunakan nya,jangan pernah menyepelekan hal kecil yang imbasnya fatal.

Jadi ikuti tips dari saya dibawah ini agar kamu dan keluarga mu aman :

  • Gunakan sarung tangan
    Jangan pernah memegang racun secara langsung,gunakan sarung tangan atau plastik untuk memegang nya.

    Karena jika dipegang langsung racun akan menempel di tangan mu dan apa kamu bisa jamin cara cucitangan mu bisa menghilangkan 100% racun dari tangan mu? pikirkan boy!!
  • Taruh Umpan Di Tempat Bebas Jangkauan Anak-Anak
    Anak-anak tidak bisa diandalkan,kamu sebagai yang lebih tua harus kreatif dalam berfikir “gimana caranya agar racun tidak terjangkau anak”.

    Ingat jangan taruh racun sembarangan,taruh hanya dijalur tikus sering lewat,biasanya kan di kolong-kolong.
  • Buat Wadah Untuk Umpan
    Walau ini umpan untuk tikus ,bukan berarti kamu asal lempar racun sembarangan.

    Kamu harus membuat wadah khusus “bisa dari kertas” untuk menempatkan racun agar tidak ngegelinding kesana kemari (tertabrak tikus/hal lain) dan bisa berbahaya jika ditemukan anak-anak.
  • Cuci Tangan
    Walau sudah memakai sarung tangan/plastik selalu cuci tangan dengan sabun,jika perlu disikat agar tangan mu terjamin bebas dari residu racun.

    Jangan sampai kamu mati keracunan karena kamu JOROK!!! Malu sama malaikat nanti saat kamu ditanya “Kenapa kamu mati? kena racun tikus ” malaikat pasti ketawa terpingkal-pingkal.

    MEMALUKAN!!!
  • Simpan Stok Racun Ditempat Aman
    Racun tikus bentuknya seperti permen,jadi ingat selalu “simpan ditempat diluar jangkauan anak-anak”, dan ingat juga untuk menyimpan stok racun diwadah yang wajar dan tidak menempatkan nya di tempat makanan.

    Ini bertujuan agar orang dewasa tidak salah memahami,takutnya itu dikira vitamin dan dimakan,jadi beri label RACUN!! diwadah nya agar orang dewasa tau.

    Dan simpan ditempat yang tidak terjangkau anak-anak,saya menekankan ini berulang-ulang,jangan sampai teledor menyimpan racun jika ada anak-anak.

Cara Menggunakan Perangkap Tikus

Saya pernah menggunakan perangkap tikus sebelum menggunakan racun tikus,berhasil sih hanya saja itu hanya sementara.

besok-besoknya tidak ada tikus yang masuk ke perangkap itu lagi.

Saya berasumsi kalau perangkap tikus yang telah dipakai untuk menangkap tikus harus selalu dicuci bersih “untuk menghilangkan bau tikus “,agar tikus lain tidak curiga.

Dan selalu menggunakan umpan yang baru juga ya.

Saya sekarang udah gak pake cara ini karena tidak efektif.


Tahap Ketiga :
PREVENTASI

Agar Rumah Mu Dijauhi Tikus

Tikus mendekati rumah mu untuk mencari sumber makanan dan tempat tinggal untuk kelompok nya, jadi hal yang bisa kamu lakukan adalah menjaga kebersihan rumah dan membatasi akses ke sumber makanan.

Kamu harus rajin membersihkan rumah dari sampah/sisa makanan yang bisa menjadi sumber makanan bagi si tikus.

Simpanlah bahan makanan di tempat yang tidak bisa terjangkau tikus,ini mengingat tikus memakan baik makanan matang dan mentah.

Dengan menjaga kebersihan rumah dan menghilangkan akses ke sumber makanan di rumah mu maka tidak ada alasan bagi si “tikus” untuk datang atau bersarang dirumah mu.

Megendalikan Populasi Tikus Disekitar Mu

Tikus akan selalu ada sampai hari kiamat,dan kamu tidak akan bisa menghilangkan semuanya,yang bisa kamu lakukan adalah mengendalikan populasi tikus di sekitar rumah mu.

Usaha yang bisa kamu lakukan adalah mengendalikan populasi tikus yang ada disekitar rumah mu dengan cara selalu menyediakan “umpan tikus” berupa racun.

Racun tikus ini stok nya harus selalu ada dan dicek ketersediaan nya secara berkala,serta ditempatkan di lokasi yang strategis.

Umpan diletakan dimana kira-kira jalur tersebut dilewati oleh tikus,seperti daerah deket got atau arah kira-kira tikus akan datang.

Cara ini dimaksudkan agar setiap tikus baru yang datang kerumah mu hal pertama yang mereka jumpai adalah racun tikus tersebut dan pasti memakan nya.

Tikus tidak akan ada kesempatan untuk tinggal atau berkembang biak dirumah mu dan pasti keburu sekarat dan mati.

Tenang saja,jika menggunakan racun tikus rekomendasi saya “PROTECT SAFE ” tikus yang sekarat akan cenderung mencari tempat terang dan sumber air diluar rumah dan akan mati jauh dari rumah mu.

KESIMPULAN

Rumah mu didatangi dan menjadi sarang tikus bukan tanpa sebab,tikus hanya mencari sumber makanan dan tempat untuk berlindung serta berkembang biak.

Jika rumah mu kotor,berantakan,makanan berceceran dimana-mana maka tikus akan datang dan betah tinggal di rumah mu.

Jangan banyak alasan kalau rumah mu tidak tertutup rapat “pakai plafon” dan tidak mungkin untuk mengusir tikus dari rumah mu.

Kamu berpikir demikian karena tidak tau caranya,tidak tau sumber akar permasalahan nya,begitu kamu baca ini kamu sekarang sudah tau kan!!

Hal yang terpenting yang harus kamu lakukan untuk menjauhkan tikus dari rumah mu adalah menjaga kebersihan dan membatasi akses “si tikus” ke sumber makanan.

Sumber makanan disini bisa berupa sampah sisa makanan dan bahan makanan mentah .

Kamu manusia,lebih cerdas dari tikus,kalau kamu gak mau tinggal sama tikus maka lakukan 3 cara diatas.

Leave a Comment