Cara Setting WiFi Lan di Arch Linux Menggunakan Command Line

Walau linux telah dilengkapi dengan GUI berupa Desktop Environment(DE) yang super cantik,namun saat terjadi trouble mau tidak mau kamu harus memperbaiki/troubleshooting linux mu menggunakan console/Command Line Interface(CLI).Berikut Panduan cara setting jaringan Wifi dan LAN pada Arch Linux(manjaro-antergos) menggunakan perintah linux/console.

Mengatur Network Interface (LAN dan WiFi) Arch Linux

Sebelum melangkah lebih jauh,hal yang paling dasar yang kamu harus tau adalah informasi dari network interface,mulai dari nama,status dan kondisinya.

Mengetahui Informasi Network Interface (LAN WiFi Loopback)

Perintah $ ifconfig -a dapat kamu gunakan untuk melihat semua informasi tentang netwrk interface yang terpasang di komputermu,mulai dari LAN WiFi Loopback bahkan virtual adapter.
informasi network interface mengugnakan perintah linux

FLAG- Flag pada setiap interface menerangkan state/kondisi dari network interface tersebut flag UP menandakan interface terenable sedangkan flag RUNNING menandakan interface terkoneksi ke jaringan dan sedang bekerja. Jika network iPnterface tidak mempunyai flag tersebut maka network interface tersebut dalam kondisi yang sebalik nya,tidak ada flag UP menandakan network interface sedang Disable/down,tidak ada flag RUNNING menandakan interface tersebut tidak sedang terkoneksi ke jaringan.

IP Address- Selain flag yang menandakan state dari network interface terdapat juga informasi IP yang terpasang pada network interface.

Mengatur State Network Interface Dengan Perintah Linux (Disable,Enable,RFoff/on)

Sebelum kamu setting IP atau ngonekin network interface ke jaringan hal yang paling pertama harus kamu lakukan adalah mengatur state dari network adapter (set flag UP/enable) agar bisa dipakai.

Untuk melihat status link secara singkat dari network interface bisa kamu gunakan perintah $ ip link show
status link network interface pada linux lan dan wifi

Disable Network Interface- Gunakan perintah $ sudo ip link set nama_interface down
Enable Network Interface- Gunakan perintah $ sudo ip link set nama_interface up , tapi untuk wireless interface jika keluar peringatan ‘RTNETLINK answers: Operation not possible due to RF-kill‘ itu artinya wireless/wifi kamu sedang dimatikan (bukan disable biasa) jadi kamu harus menghidupkan nya menggunakan perintah $ sudo rfkill unblock wlan baru kamu bisa menggunakan perintah ip link

Cara Konek ke WiFi di Arch Linux Menggunakan Perintah Linux (console/CLI)

Ada 3 cara mudah yang bisa kamu coba untuk bisa menghubungkan jaringan wifi arch linux mu menggunakan perintah linux/command line,cara pertama akan sangat mudah tetapi jika cara pertama tidak berhasil kamu bisa mencoba dengan cara berikutnya.Pastikan dulu kamu telah mengenable radio Wifi dan set interface up sebelum kamu melakukan langkah dibawah ini.

Jalankan perintah $ sudo rfkill unblock wlan untuk memastikan bahwa wifi mu dalam kondisi terenable

Perintah iw,iwconfig,wifi-menu dan wpa_supplicant hanya bisa digunakan dengan kondisi Networkmanager.service sedang dalam keadaan off,jika service ini berjalan maka akan bentrok dan perintah iw,iwconfig,wifi-menu, wpa_supplicant tidak akan bekerja.
Jadi matikan dulu service network manager dengan perintah $ sudo systemctl stop NetworkManager.service. Namun jika kamu tidak ingin mematikan service networkmanager kamu bisa menggunakan perintah nmcli untuk konek ke wifi menggunakan linux command.

1.Cara menghubungkan jaringan wifi arch linux dengan perintah wifi-menu

Secara default aplikasi wifi-menu telah terinstall bersama package installasi OS Arch linux,jadi kamu tidak perlu untuk menginstallnya.
Cukup ketikan perintah $ sudo wifi-menu nama_interface_wifi_mu ,nanti secara otomatis akan ada console GUI
perintah console konek wifi arch linux
Pilih SSID wifi yang ingin kamu konekin,jika wifi tersebut diberi password maka masukan password ketika diminta.

2.Cara menghubungkan jaringan wifi arch linux dengan perintah iw dan iwconfig

saat kamu menggunakan perintah /aplikasi wifi-menu maka profile akan dibuat secara otomatis,namun jika cara mudah ternyata gagal kamu bisa mengikuti cara manual agar bisa menyambungkan jaringan wifi di arch linux mu.Caranya tidak begitu sulit tinggal kamu ikuti aja panduan nya.

1.  Gunakan perintah $ iwconfig untuk melihat nama dan status dari wireless network adapter (WiFi) yang sedang kamu gunakan.
2. Gunakan perintah $ iwlist nama_interface_wwifi scan  contoh: $ iwlist wlp7s0 scan untuk menscann hotspot yang tersedia disekitar mu.
perintah linux untuk scann wifi hotspot
Perhatikan informasi yang didapat untuk setiap AP terutama ESSID dan encryption key, jika  encryption key:on maka hotspot tersebut bersifat tertutup dan memerlukan password.
3. Gunakan perintah $ sudo iw dev nama_wifi_interface connect ESSID_hotspot contoh: $ sudo iw dev wlp7s0 connect -w RAPMS-B dan jika hotspot yang kamu ingin konekin ternyata membutuhkan password/encyption key:on maka perintahnya akan seperti ini
$ sudo iw dev wlp7s0 connect RAPMS-B key s:password_wifi_mu
4. Untuk melihat status Wifimu apakah sudah terkonek dengan accesspoint hotspot kamu bisa menggunakan perintah $ iwconfig
status koneksi wifi via terminal
Jika pada ESSID sudah tertera sesuai dengan SSID hotspot yang ingin kita konek berarti koneksi ke hotspot telah berhasil.

3.Cara menghubungkan jaringan wifi arch linux dengan perintah nmcli

network manager command line interface (nmcli) merupakan perintah linux yang bisa kamu gunakan untuk mengelola wifi tanpa perlu mematikan service network manager.Saat service network manager aktif  kamu tidak bisa menggunakan perintah iw,iwconfig,wifi-menu, wpa_supplicant untuk mengelola wifi sebelum kamu mematikan nya.

1.Scan SSID hotspot yang ada dalam jangkauan menggunakan perintah $ nmcli device wifi list
scan ssid hotspot dengan perintah linux nmcli
2.Konek ke SSID hotspot yang kamu inginan dengan perintah $ sudo nmcli device wifi connect SSID_hostpot contoh: $ sudo nmcli device wifi connect FreeHotspotMSK
konek ke hotspot linux dengan nmcli
3. untuk mengecek status wifi gunakan perintah $ nmcli device status dan untuk diskonek wifi gunakan perintah $ sudo nmcli device disconnect nama_device contoh $ sudo nmcli device disconnect wlp7s0

Cara Konek ke LAN di Arch Linux Menggunakan Perintah Linux (console/CLI)

Untuk koneksi dengna kabel LAN tidak memerlukan langkah yang rumit seperti saat kamu setting WiFi, cukup set flag enable > pasang kabel >dapatkan IP dari DHCP server atau pasang static IP secara manual.

  1. Lihat informasi interface lan mulai dari status hingga IP, gunakan perintah $ ifconfig -a untuk melihat semua network adapter yang terpasang
    informasi network interface linux
  2. Perhatikan nama interface lan dan flags nya,jika belum ada flag UP maka artinya interface dalam keadaan ter disable dan untuk mengedable nya gunakan perintah $ sudo ip link set nama_interface up contoh: $ sudo ip link set enp6s0 up
  3. Jika flag LAN network interface sudah UP maka langkah selanjutnya tancapkan kabel lan agar flag nya menjadi running dan setting IP address .

Setting IP Address Arch Linux Menggunakan Command Line Interface (CLI)

Langkah diatas hanya sebatas menyambungkan WiFi mu dengan hotspot Access Point,konek ke hotspot saja belum cukup agar kamu bisa konek ke jaringan/internet,kamu harus memastikan WiFi interface mu mendapatkan IP Address.

Mendapatkan IP dari DHCP SERVER

IP address bisa didapatkan secara otomatis dari DHCP server yang telah disediakan oleh jaringan tersebut gunakan perintah $ ifconfig nama_interface contoh: $ ifconfig wlp7s0 untuk melihat informasi IP yang didapat.
cek ip address pada wifi
Jika belum mendapat IP secara benar maka lakukan request address ke DHCP server dengan perintah $ sudo dhcpd
ip dhcp linux dari dhcp server

Setting IP Static Wifi dan LAN Arch Linux

Jika pada jaringan mu tidak tersedia DHCP server maka kamu harus memasang IP address pada network interfacemu secara manual (Static),pastikan network interface dalam keadaan UP/terenable atau gunakan perintah $ sudo ip link set nama_interface up untuk mengenable interface yang akan dipasang static IP address.

  1. Memasang IP subnet dan broadcast , baiknya kamu mengetahui cara menghitung IP subnet sebelum memasang melalui command line. contoh :
    $ sudo  ip addr add 192.168.1.2/24 broadcast 192.168.1.255 dev wlp7s0
  2. Memasang Gateway .Contoh :
    $ sudo ip route add default via 192.168.1.1
    $ sudo ip route add 192.168.1.1 dev wlp7s0
    $ sudo ip route add default via 192.168.1.1 dev wlp7s0

Menghapus IP Static Wifi dan LAN Arch Linux

Kamu perlu menghapus IP jika kamu ingin merubah nya ke mode DHCP (mendapatkan ip secara otomatis dari server)

1.Hapus IP address yang terpasang dengan perintah $ sudo ip addr flush dev nama_interface
2.Hapus Settingan gateway yang terpasang dengan perintah $ sudo ip route flush dev nama_interface
3.Disable network interface dengan perintah $ sudo ip link set nama_interface down
4.Enable lagi dengan perintah $ sudo ip link set nama_interface up dan interface sudah siap untuk disetting lagi dengan settingan yang berbeda.

KESIMPULAN

Walau telah tersedia GUI network manager agar kamu bisa dengan mudah mengelola konektifitas di linux,namun ada kalanya kamu tidak bisa menggunakan nya jika terjadi trouble/error (tidak bisa masuk GUI Desktop) dan mau tidak mau kamu harus setting LAN/WiFi untuk keperluan perbaikan menggunakan command line.