Cara Setting UniFi AP Menggunakan UniFi Controller

Jika kamu baru beli dan pertama kali menggunakan UniFi maka kamu perlu membaca artikel ini sampai tuntas.

UniFi sangat berbeda dengan wireless AP pada umunya,mulai dari cara kerja dan fiturnya.

Jadi kamu harus benar-benar paham konsep cara kerjanya agar kamu bisa mensetting dan menggunakan nya dengan benar.

Untuk bisa mensetting UniFi kamu harus paham point-poin berikut :

Apa itu UniFi?

UniFi adalah sebuah sistem WiFi HotSpot terpadu yang flexible buatan Ubiquiti network dengan tujuan untuk memudahkan kita saat membangun jaringan HotSpot dalam jumlah kecil maupun besar.

Dengan menggunakan UniFi AP dan UniFi controller akan mempermudah saat perluasan jaringan wifi,cukup dengan menambahkan perangkat UniFi AP maka UniFi controller akan mensetting sesuai preset/profile yang telah kamu buat secara otomatis.

UniFi ini juga menyediakan produk lain  untuk kelas user biasa seperti home surveilance ,NVR,Routing dan VoIP.

UniFi Tidak Cocok untuk Penggunaan Tunggal

UniFi tidak bisa disetting secara langsung dengan cara mengakses IP menggunakan web browser,UniFi hanya bisa disetting menggunakan UniFi controller.

UniFi tidak cocok digunakan untuk penggunaan tunggal karena UniFi memerlukan unifi controller sebagai pusat komando yang harus online 24jam.

UniFi controller ini bisa kamu install di server atau membeli alat khusus yang terintegrasi dengan UniFi Controller seperti USG dan UniFi Cloud Key.

UniFi Didesain Untuk Penggunaan Skala Besar

Kelebihan produk UniFi adalah kamu bisa sangat mudah memperluas jaringan wifi hotspot hanya dengan menambah perangkat UniFi dan mengadopt nya tanpa perlu setting manual.

UniFi sangat cocok digunakan untuk membuat hotspot dengan area luas yang memerlukan banyak perangkat wifi tetapi kamu menginginkan kemudahan dalam mengelola.

Untuk membuat hotspot sistem voucher juga akan lebih mudah jika kamu menggunakan UniFi dan ingin memperluas jangkauan atau menambah titik hotspot di daerah/tempat lain tanpa harus seting satu persatu,cukup setting dari command center UniFi Controller.

UniFi AP Memerlukan Router

UniFi bertindak sebagai bridge dan tidak punya fitur routing ,jadi untuk bisa menggunakan perangkat ini kamu memerlukan router seperti Modem router,Unifi Gateway,Mikrotik,Cisco,Netgear,atau yang lain agar bisa sharing internet via Wifi atau Hotspot.

UniFi hanya berfungsi sebagai Bridge dengan fitur bisa mengatur pengguna hotspot dan mengumpulkan data statistik, jadi kita perlu perangkat router atau bisa juga dengan Unifi Gateway agar kita bisa membuat jaringan Hotspot .

Router /UniFi Gateway bertugas sebagai penanggung jawab distribusi IP ke Client dan pengatur bandwidth, sedangkan Unifi AP hanya berfungsi sebagai pemancar signal Wifi saja.

UniFi AP Memerlukan UniFi Controller

Perangkat UniFi tidak bisa diakses langsung melalui browser seperti perangkat UBNT lain nya, untuk setting perangkat UniFi kamu harus memerlukan UniFi Controller, melalui UniFi controller ini kamu baru bisa menyeting perangkat UniFi.

Seperti perangkat UBNT lain nya,UniFi mempunyai default username dan password yaitu “ubnt”,password ini diperlukan saat akan melakukan adopt ke perangkat yang ingin kita setting menggunakan UniFi controller.

Harga dan Tipe UniFi AP

UniFi menyediakan banyak perangkat pendukung untuk membangun jaringan wifi hotspot,produk yang dibuat tidak hanya berupa access point(AP) saja.

UniFi menembuat berbagai macam produk untuk solusi kantor,rumah dan industri yang semuanya didesain untuk bisa jalan di jaringan WiFi.

Kamu bisa mendapatkan perangkat UniFi mulai Harga Rp 750.000,- Klik Disini untuk Cek Harga di Marketplace

Tipe, jenis dan seti produk UniFi sangat banyak,saya telah membuat artikel sebagai panduan saat akan memilih dan membeli produk UniFi agar kamu tidak salah beli. Klik Disini


Apa itu UniFi Controller?

UniFi controller adalah perangkat lunak (software) yang didesain khusus untuk memudahkan memanage perangkat wifi khususnya UniFi dalam jumlah banyak.

unifi-controller
UniFi Controller

Unifi Controller Sebagai Command Center

UniFi Controller berfungsi sebagai pengendali/command centre/induk untuk semua perangkat UniFi yang ada di jaringan.

Jika kamu punya jaringan WiFi dalam sekala menengah/besar dan menggunakan banyak perangkat UniFi kamu tidak perlu setting satu per satu.

Kamu hanya perlu membuat profile hotspot (SSID,WPA,VLAN) di UniFi controller dan secara otomatis perangkat UniFi yang ter adopt akan menggunakan settingan profile hotspot yang ada di UniFi Controller.

Multiple UniFi AP

Jika kamu menggunakan banyak AP dalam satu gedung untuk mengcover semua area,baiknya gunakan channel yang berbeda untuk setiap perangkat untuk menghindari Interferensi.

Gunakan UniFi Cloud Key Sebagai UniFi Controller

Server UniFi Controller harus berjalan 24/7 karena jika server UniFi controller dimatikan maka perangkat UniFi bisa kebingungan dan tidak berjalan sebagaimana mestinya,ingat UniFi controller merupakan command center UniFi AP yang harus online 24/7.

UniFi Cloud key
UniFi Cloud Key

Jika kamu tidak punya server untuk menginstall UniFi controller,maka kamu bisa menggunakan UniFi cloud key yang difungsikan sebagai UniFi controller.

Klik disini untuk mengecek harga UniFi Cloud Key Mulai Rp 1.100.000,-

Cukup colok UniFi Cloud key ke switch maka kamu sudah punya UniFi controller tanpa harus repot menginstall nya di PC.

Cara Install UniFi Controller di Windows dan Linux

Jika kamu tidak menggunakan cloud key dan punya server atau PC nganggur dan online 24jam maka kamu bisa menginstall UniFi controller di PC tersebut.

UniFi Controller dapat diDownload di website official https://www.ubnt.com/download/unifi/
Pilih installer sesuai sistem operasi yang kamu gunakan.

download unifi controller

Kamu bisa menggunakan Windows atau Linux untuk digunakan sebagai UniFi Controller Server , untuk lebih detailnya silakan ikuti panduan Cara Install dan upgrade UniFi Controller untuk Linux dan Windows.


Mempersiapkan Profile Site di UniFi Controller

Sebelum melakukan proses adopt perangkat UniFi AP kamu harus mempersiapkan profile dan mensetting UniFi controller agar perangkat UniFi AP yang kamu adopt nanti otomatis tersetting sesuai profile yang telah kamu buat.

Site profile berisi  settingan yang akan didistribusikan dan diterapkan ke prangkat UniFi AP yang terkoneksi ke UniFi controller mulai dari setting SSID ,Security,username password perangkat Unifi ,routing,firewall dll yang nantinya akan diterapkan secara otomatis begitu perangkat UniFi AP berhasil diadopt.

Jalankan dan Login ke UniFi Controller

Jika unifi controller mu diinstall di windows maka kamu bisa menjakankan unifi controller dari menu start seperti gambar dibawah ini.

menjalankan unifi controller di windows

Namun jika kamu menggunakan UniFi cloud key kamu bisa mengakses web interface UniFi controller di cloud key dari komputer lain dengan mencontek url yang muncul pada saat klik “Launch a Browser to Manage the Network”.

contoh:  https://192.168.200.11:8443 ,untuk default username:ubnt dan password :ubnt
Dimana 192.168.200.11 adalah ip komputer yang diinstall/dipasangin UniFi controller
 

Jika kamu menggunakan UniFi cloud key maka masukan ip cloud key di browser seperti diatas,gunakan default username dan password “ubnt” untuk login pertama kali.

Membuat dan Mengaktifkan Site Profile

Seperti dijelaskan sebelum nya,site profile berisi blue print settingan yang akan diterapkan ke perangkat UniFi AP secara otomatis begitu berhasil diadopt.

Kamu harus meng explore opsi yang tersedia untuk menemukan cara dan fitur yang kamu mau dan diterapkan di sistem hotspot mu.

cara membuat profile site untuk perangkat unifi
membuat site profile UniFi controller

Untuk membuat site profile caranya Klik pada Current site (1) > dan klik Add New Site (2) > masukan nama untuk site dan klik Submit

Untuk mengaktifkan dan mengatur site profile yang telah kamu caranya Pada Current site pilih nama site yang telah kamu buat(1) lalu klik pada menu settings (3).

Setelah membuat dan mengaktifkan site profile sekarang kamu sudah bisa kelangkah berikutnya yaitu :

Merubah Akun Login UniFi Controller

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan baiknya kamu merubah akun yang digunakan untuk login ke UniFi controller yang secara default username dan password nya adalah “ubnt”

kamu bisa merubah username dan password UniFi controller melalui menu setting > Admins
Disitu kamu bisa mengedit akun yang sudah ada atau bisa  juga menambahkan akun baru.

Membuat Multi SSID HotSpot UniFi dan VLAN

Setiap hotspot punya nama atau SSID yang biasa muncul di perangkat pengguna ketika di scann,kamu bisa mengeset profile SSID yang akan digunakan di semua perangkat UniFi AP mu disini.

cara membuat hotspot profile menggunakan unifi controller
  1. Login ke UniFi controller lalu masuk ke menu Settings > Wireless NEtwork >Create New Wireless Network
  2. Masukan nama SSID dan pilih jenis security. jika pengin tanpa password pilih Open , jika kamu menggunakan VLAN masukan VLAN ID pada Advanced Option Dan klik Save
  3. Kamu tidak perlu melakukan settingan Alokasi IP untuk Client,karena UniFi hanya berfungsi sebagai Bridge (tidak bisa routing) , jadi alokasi IP disetting pada router atau UnifiGateway
  4. Kamu bisa melihat contoh  tutorial pembuatan Guest Hotspot Unifi dengan Vlan 
cara multi SSID di UniFi

Jika kamu ingin membuat multi SSID cukup dengan menambahkan profile di menu setting > wireless network > +CREATE NEW WIRELESS NETWORK . Buat sebanyak yang kamu inginkan.

Mengganti username dan password Perangkat UniFi

Secara default username dan password perangkat UniFi adalah ubnt , kita tidak bisa menggantinya secara langsung pada perangkat tersebut.

Kita bisa menggunakan fitur Unifi controller untuk mengubah username dan password perangkaat UniFi secara otomatis setelah UniFi berhasil di adopt .

mengubah username dan password perangkat unifi devices
merubah akun unifi AP
  • Login ke UniFi controller mu dan masuk menu Setting >Site
  • pada bagian device Authentication isikan username dan password kamu inginkan untuk digunakan pada perangkat UniFi

Cara Adopt dan Setting UniFi AP

Adopt adalah istilah ketika kita melakukan proses adopsi (Login ke perangkat UniFi menggunakan UniFi Controller) supaya perangkat unifi kita bisa setting lewat aplikasi unifi controller.

Setelah perangkat UniFi berhasil diadopt maka secara otomatis UniFi AP akan ngikut settingan sesuai site profile yang telah kamu buat.

Perhatiakan Ini Agar Adopt Tidak Gagal

Sebelum melakukan proses Adopt perangkat UniFi AP,baiknya perhatikan hal penting dibawah ini agar tidak gagal.

  • Gunakan IP 192.168.1.254 Pada UniFi Controller
  • Pastikan UniFi AP hidup dan lampu indikator nyala orange tanpa kedip,orange artinya UniFi AP siap diadopt.
  • Colokan UniFi AP ke Switch yang sejaringan dengan UniFi Controller
  • Proses Adopt harus satu per satu,karena IP default UniFi sama yaitu 192.168.1.20
  • Ping dari unifi controller terinstall (SSH /terminal/commad promt) ke 192.168.1.20
  • pastikan reply atau tidak time out,jika time out ulangi step diatas.

Jika nyala UniFi hijau kamu harus meresetnya agar menyala orange,tapi jika kamu tidak mau mereset maka kamu harus masuk ke perangkat UniFi tersebut melalui SSH dan mengarahkan url inform ke IP unifi controller mu.

cara set inform url pada perangkat UniFi agar UniFi muncul di UniFi Controller
set inform UniFi AP

Set inform URL menjadi (http://ip-UniFi-controllor:8080/inform)  dengan perintah set-inform http://ip-UniFi-controllor:8080/inform agar UniFi device muncul di UniFi controll dan bisa dilakukan proses Adoption.

Jika perangkat UniFi mu nyala lampunya berbeda kamu bisa mengecek dan mencocokan agar kamu tau arti nyala lampu LED pada UniFi AP.

Adopt UniFi AP Menggunakan UniFi Controller

Pastikan kamu telah memperhatikan beberapa hal diatas sebelum melakukan proses adopt UniFi AP agar tidak gagal.

cara adopt perangkat unifi controller
cara adopt unifi

1. Pilih dan aktifkan profile yang telah kamu buat dengan mengklik tombol centang dibawah Current Site.

2. Jika pertama kamu klik adopt gagal maka pada device properties akan muncul tab Adopt , masukan username dan password default “ubnt” dan klik Adopt

3. Mungkin waktu adopting akan agak lama, kamu bisa sambil pencet tombol refresh untuk melihat status  saat ini.jika versi firmware UniFi device berbeda makan akan melakukan upgrade secara otomatis.

perangkat unifi berhasil diadopt

4. Setelah selesai adopt maka perangkat kamu akan disetting otomatis sesuai dengan profile yang kamu buat,mulai dari password device sampai dengan SSID.

5. kalau sudah connected berarti sudah selesai tinggal kita test saja di lapangan, silakan dioprek agar familiar dengan istilah yang dipakai oleh UniFi controller.

Awalnya emang susah tapi sebenarnya dengan UniFi controller malah kita gampang banget me manage perangkat UniFi dari satu control panel,apa lagi kalau perangkat yang kamu manage banyak.

“Nama site di contoh gambar mungkin beda,karena ku buat tutorial ini mengugnakan 2 site yang berbeda. hehhe, pada dasarnya sama saja kok cuman beda nama site doang.”

Mengatur Nama Perangkat ,Channel ,Signal Strength dan Mengganti IP UniFi

Setelah perangkat UniFi AP berhasil diadopt,kamu bisa mensetting perangkat UniFi AP tersebut secara manual,mulai dari memberinama perangkat,mengatur IP,mengatur kekuatan signal,merubah channel,mendisable SSID dan masih banyak lagi.

cara setting channel ganti Ip nama pada perangkat Unifi AP
  • Masuk ke UniFi controller klik pada menu Devices > dan klik pada Perangkat yang ter list nanti akan muncul kotak properties dikanan layar
  • Pilih tab Configuration klik pada bagian RADIOS untuk mengatur channel dan kekuatan signal
  • klik pada bagian NETWORK untuk mengganti IP  dan gunakan sesi GENERAL untuk memberi nama Perangkat UniFi mu

Update Firmware UniFi AP AC LR XG

Firmware sama seperti sistem operasi yang ada di perangkat UniFi,terkadang kamu perlu mengupdate nya untuk memastikan perangkat UniFi mu aman dari vulnerability dan punya fitur terbaru.

Kamu bisa mengikuti beberapa cara dibawah ini untuk mengupdate firmware UniFi mu:

Cara Update Firmware UniFi APOtomatis

Dengan menginstall UniFi Controller,kamu tidak perlu repot mikir gimana cara update firmware perangkat unifi,karena versi firmware akan mengikuti versi dari UniFi controller yang kamu gunakan.

proses upgrade otomatis unifi controller

Begitu proses adopt berjalan ,secara otomatis firmware perangkat yang di adopt akan diupgrade secara otomatis dengan firmware yang ada di UniFi controller mu.
Jadi gunakan/Update terus UniFi controllermu dengan versi paling baru.

proses upgrade otomatis selesai unifi controller

Tidak ada salahnya untuk meberikan akses internet ke IP yang digunakan oleh perangakat UniFi dan UniFi controller agar proses upgrade berjalan lancar.

Cara Update Firmware UniFi Dengan Custom Upgrade

Terkadang entah kenapa, firmware unifi tidak mengalami perubahan setelah kita tekan menu upgrade pada unifi controller,untuk mengatasi hal ini kita bisa menggunakan opsi custom upgrade yang disediakan oleh unifi controller, dengan opsi ini memungkinkan kita untuk memasukan link download firmware yang cocok untuk perangkat UniFi kita.

Syarat mutlak untuk bisa menggunakan fasilitas ini adalah perangkat UniFi mu harus bisa konek ke internet dan telah berhasil diadopt, jadi setting IP UniFimu dengan IP yang bisa ngakses Internet!!

download unifi firmware yang sesuai dengan tipe model perangkat

1. Buka download page Unifi Firmware pada website resmi Ubiquiti Network untuk mendapatkan link download firmware yang sesuai dengan perangkat UniFi kita (https://www.ubnt.com > download >UniFi)

2. Pilih sesuai dengan model perangkat UniFi yang kamu miliki dan klik menu download , setelah tombol download diklik akan muncul alamat direct URL, kamu klik pada Copy URL.

cara menggunakan custom upgrade untuk mengupgrade firmware Unifi pada unifi controller

3. masuk ke menu Device pada UniFi controller, pilih perangkat yang akan diupgrade > pilih tab Configuration >+Manage Device > paste direct URL yang kita kopi tadi ke kolom Custom Upgrade dan klik Custom Upgrade untuk memulai proses Upgrade

Cara Upgrade Unifi Firmware Dengan Tehnik Remote SSH

Jika semua cara diatas gagal,cobalah upgrae menggunakan remote SSH, Kamu bisa mengupload firmware yang sesuai dengan Model dan seri UniFi yang kamu punya menggunakan  SCP Protocol (OFFLINE MODE)atau bisa juga langsung mendownload dari internet dari perangkat UniFi yang akan diupgrade (ONLINE MODE).

Untuk Username dan Password perangkat UniFi mengikuti sesuai dengan settingan yang telah ditentukan di UniFi Controller (Jika perangkat telah di adopt), tapi jike belum diadopt dan masih default maka username dan password nya adalah ubnt

Kamu bisa menggunakan Putty untuk meremot perangkat UniFi via SSH dan WinSCP (https://winscp.net/eng/download.php) untuk mentrasfer file via SCP protocol

(OFFLINE MODE ) Megupload Firmware yang telah didownload ke Perangkat UniFi 

Dengan cara ini perangkat UniFi bisa diupgrade tanpa perlu terkonek ke internet

download unifi firmware yang sesuai dengan tipe model perangkat

1. Download Firmware yang sesuai dengan Model perangkat UniFi yang kamu punya  (https://www.ubnt.com > download >UniFi)

2. Login ke UniFi menggunakan SCP Client untuk mentransfer File Firmware.

  • Pilih SCP
  • masukan IP perangkat UniFi ,
  • masukan User UniFi
  • masukan Password UniFi
  • Klik Login
login ke perangkat uniFi dengan SCP Client

3.Transfer File UniFi Firmware dengan SCP Client ke lolasi yang kamu tentukan

  • Rubah tujuan transfer ke directory /tmp
  • Pilih Firmware yang akan diupload
  • Klik Upload
  • tunggu proses upload selesai
  • jika telah ada file dengan nama fwupdate.bin berukuran 0kb maka hapus
  • Rename file yang telah berhasil kamu upload tadi menjadi fwupdate.bin (huruf kecil semua)
transfer file firmware dengan scp protocol

4. Login ke Perangkat UniFi via SSH (disini kita menggunakan Putty)

login SSH perangkat UniFi via PuTTY

5. Jalankan perintah  cd /tmp lalu chmod +x fwupdate.bin dan jalankan   syswrapper.sh upgrade2 & lalu tekan enter ,dan tunggu proses selesai 
Perintah diatas harus dijalankan menggunakan root privilage yang ditandai dengan tanda # dibelakang nama host, jika tandanya masih $ maka gunakan perintah sudo su untuk masuk ke root privilage

cara upgrade firmware unifi offline mode

6. Perangkat UnFi akan melakukan proses Upgrade secara otomatis dan tunggu hingga selesai (JANGAN MEMATIKAN PERANGKAT KETIKA PROSES UPGRADE BERLANGSUNG!!!)

(ONLINE MODE) Download dan Upgrade langsung dari Official Site UniFi

Syarat utama untuk bisa melakukan Upgrade dengan tehnik ini adalah perangkat UniFi yang ingin kamu upgrade harus terkonek ke internet, untuk mengeceknya kamu bisa melakukan ping ke internet melalui SSH

ping internet dari perangkat unifi via SSH

1. Ketika kamu akan doloas firmware UniFi akan tampil Link dari firmware tersebut, maka kopilah

download firmware unifi

2. Login ke perangkat unifi via SSH dan jalankan perintah berikut ini
upgrade url-firmware-unifi-yang-sesuai contoh upgrade http://dl.ubnt.com/unifi/firmware/U7PG2/3.7.55.6308/BZ.qca956x.v3.7.55.6308.170413.1610.bin

cara upgrade unifi firmware dengan SSH online

3. Perangkat UniFi akan otomatis restart dan proses upgrade akan dimulai.


Maximal User dan Limit User UniFi

Menentukan jumlah user per UniFi AP tidak bisa ditentukan semerta-merta, karena ada beberapa faktor yang menyebabkan  flexiblenya penentuan  limit user per AP diantaranya :

Kapasitas Maximal Bandwidth AP

Setiap perangkat mempunyai batasan kemampuan, dalam kasus ini adalah maximal bandwidth yang bisa disediakan  oleh perangkat UniFi .

Misal jika perangkat UniFi mempunyai maximal speed 300Mbps dan internet kamu punya kecepatan lebih dari 300Mbps maka kamu perlu menambah 1 lagi perangkat agar client bisa menggunakan kecepatan internet secara penuh.

Aktifitas User

Pertimbangan utama dari penentuan jumlah maximal user adalah aktifitas user, jika banyak user yang ter konek ke perangkat unifi dan kebanyakan  idle (seperti hp dan tablet) serta aktifitas nya tidak begitu memakan bendwidth maka limit nya bisa ditambah

Bandwidth Managemen

Walau bandwidth selebar dan sederas sungai amazon dan tidak dimanage dengan baik ,tetap saja akan ada user yang koneksinya lemot.

Penerapan bandwidth managemen akan sangat terasa jika user sudah mencapai 50-100 . Pengaturan banwidth managemen secara penuh hanya bisa dilakukan dari router karena router menyediakan fasilitas yang sangat lengkap dibandingkan fasilitas yang disediakan oleh unifi controller.

Kekuatan Signal

Jika kamu mempunyai lebih dari 1 AP baiknya atur kekuatan signal untuk mengatur coverage area, sehingga jumlah user yang terkonek ke perangkat UniFi sesuai dengan estimasi jumlah user yang ada di lokasi tersebut

Kesimpulan

Maximal kecepatan total througput yang bisa dihandle berkisar 300Mbps ,Jika internet mu kurang dari itu tidak perlu ngelimit user tapi aturlah bandwidth managemen pada router/proxy dan beri prioritas bandwidth untuk  content yang diakses.

Misalnya untuk browsing tidak dilimit sedangkan  untuk streaming dan download dilimit lalu  dimasukan ke pool khusus untuk user dengan antifitas  download dan streaming sehingga orang yang browsing tidak akan keganggu (lemot) karena ada yang download/streaming.

throughput UniFi
Jenis UniFi

Penentuan limit user lebih condong ke ketersediaan bandwidth internet yang kamu punya dan pengaturan bandwidth management pada router agar pengguna dengan berbagai kebutuhan (browsing doang,streaming,download,blogging) tidak terganggu (menjadi lemot) dengan aktifitas user yang suka download dan streaming (berebut badwidth) .

Limitasi jumlah user bisa dilakukan dari penentuan jumlah IP client  di DHCP server pada router dan mengaktifkan fitur load balancing pada perangkat UniFi untuk menentukan maximal jumlah user.

Membuat Hotspot Dengna UniFi

Karena Unifi AP hanya berfungsi sebagai bridge maka pemanfaatan unifi memerlukan perangkat lain yang berfungsi sebagai router.

Kamu bisa menggunakan Unifi Gateway atau Router seperti  Mikrotik atau bahkan Router yang sudah dibundle dengan modem.

Implementasi penggunaan unifi untuk hotspot dapat kamu lihat pada tutorial cara membuat hotspot aman dengan vlan mikrotik menggunakan AP UniFI

ARTIKEL LANJUTAN
Panduan Memilih Produk UniFi Sesuai Kebutuhan

Apa itu UniFi? UniFi adalah series produk yang dikeluarkan oleh UBNT yang didesaian khusus  untuk membangun dan mengembangkan  jaringan kelas Read more

Cara Install dan Upgrade Unifi Controller Di Linux Dan Windows

Download Paket Installasi UniFi Controller Ubiquiti Network telah menyediakan halaman download (https://www.ubnt.com/download/unifi) yang berisi firmware,manual dan software UniFi Controller. Kamu Read more

Arti warna nyala lampu LED indikator pada perangkat UNIFI

LED indikator pada perangkat UniFi Semua perangkat Unifi dilengkapi dengan lampu indikator,lampu indikator ini merepresentasikan status dari unifi . lampu Read more

Halloo, Saya Arie

Saya orang biasa seperti mu, Saya suka sekali membantu orang-orang untuk belajar. Itulah sebabnya saya membuat website ini untuk membantu orang lain sepertimu agar lebih cepat dan mudah ketika belajar di internet.

44 tanggapan pada “Cara Setting UniFi AP Menggunakan UniFi Controller

  1. terimakasih ilmu nya mas, oia mas giman kita membuat repeater di lebih dari 2 unifi mas mohon pencerahan nya makasi..

    1. Pakai UniFi Mesh + UniFi controller, kalau uda pakai UniFi nanti akan tau sendiri gimana mbuatnya.
      bahkan satu RW bisa dicover semua pakai UniFi Mesh.
      seperti namanya mesh, repeaternya bisa nginduk ke lebih dari satu AP jadi kalau AP 1 mati tidak akan melumpuhkan semua jaringan, karena sifatnya redundan.

  2. Selamat Malam Bang Ari

    mau tanya cara setting 2 AP Unifi dalam 1 Controler bagaimana ya ?
    saya sudah terlanjur setting masing2 AP dalam masing2 Controler dengan instal-uninstal controler dan kendala nya jika sudah setting salah satu username maka tidak bisa membuka username lainnya ..

    terima kasih sebelumnya

    1. direset saja ke default,
      ada tombolnya kok di unifinya, deket lobang lan.
      tinggal ditekan dan ditahan saja sampai lampunya berubah warna tidak menjadi ijo lagi.

      kalau uda direset tinggal diadopt ulang

  3. Mas mau tanya tentang proses adopt beda network, kalo unifi controller beda network dengan unifi ap, apa perlu controller di ganti ipnya dulu dengan network yg satu segment default ip unifi ap (192.168.1.20), setelah selesai adopt br di kembalikan ip controller sprt semula ? Terimakasih sebelumnya

    1. bakal repot entar kalau ganti ip controllernya, karena inform url juga berubah. saran ku mending dibuatin dhcp server aja biar unifi nya dapet IP otomatis seuai settingan yang kamu inginkan.

  4. Apa bisa disetting pd 4 unifi AP, misal nih
    Gateway : 192.168.3.1
    Router: 192.168.3.5
    Unifi AP 1 : 192.168.3.10
    Unifi AP 2 : 192.168.3.11
    Unifi AP 3 : 192.168.3.12
    Unifi AP 4 : 192.168.3.13
    untuk SSD WIFI di samakan semua.
    Untuk user : 192.168.3.16 dst
    Maksudnya disini spy semua bisa terkoneksi printer wifi, share data dalam keadaan offline.

  5. Malam mas arie… langsung saja yaa mas.
    Misal ; saya ada tempat kost pakai hotspot (wifi) dengan unifi AP. Sementara saya tinggal jauhnya 5 km dari kosan. Apakah bisa saya setting AP di kosan dari tempat tinggal saya ?? Kl bisa alat apa yg diperlukan ? Terima kasih …salam

    1. diseting dari luarnegripun bisa, kalau unificontrollernya menggunakan unifi cloud key.
      bahkan dari planet mars pun bisa,selama ada koneksi internet

  6. Mas Minta info jika saya ada 20 unifi, yg terbagi dalam 4 group
    group 1 ip 192.168.10.0/24
    group 2 ip 192.168.20.0/24
    group 3 ip 192.168.30.0/24
    group 4 ip 192.168.40.0/24
    Untuk PC Kontroler di IP 192.168.50.254
    saya menggunakan mikrotik untuk routernya

    kira kira settingnya gimana agar semua unifi bisa kebaca di kontroller
    mohon bantuannya

    1. dibuatin DHCP server aja, karena secara default unifi pake konfigurasi ip DHCP. kalau gak ada dhcp baru jadi ke ip 192.168.1.20

      20 unifi bisa kamu langsung tancapkan semua atau satu per satu agar mudah dikasi label, sekali ter adopt gak peduli mau ditaro dimana, unifi akan menghubungi ip unifi controllernya.

    1. dari unifi controller mas,
      unifi yang baru kamu beli harus diadopt dulu pake unifi controller.

      jadi yang diremote cukup unifi controller servernya, nanti dari unifi controller itu bisa ngeremot semua perangkat yang telah diadopt

  7. salam kenal masbro,terimakasih sudah banyak berbagi pencerahan khususnya perangkat unifi,,saya masih baru mengguanakn perangat ini,dan makin penasaran setelah membeli cloud-key,yang ingin saya tanyakan bisa maksimal atau tidak seandainya semua perangkat mikrotik yang sudah ada kita ganti dengan satu USG saja,, pengaturan bandwithnya langsung otomatis,mudah atau ribet?? agar semua titik hotspot tidak ngelag main game dan lain lain???

    1. USG fungsinya sama dengan mikrotik yaitu sebagai router, untuk mudah atau sulit saya tidak beranai jawab karena saya belum pernah pake USG.
      dan masalah ngelag atau tidaknya itu tergantung ilmu dari orang yang nyeting juga.

      ingat alat hanya sekedar alat, hasil akhir tidak akan mungkin sama tertantung dari ilmu orang yang nyeting nya.

  8. Mas bagaimana kalau kita setting ubiquiti berbarengan? Apakah semua nama ssid dari semua device unifi yang kita setting barengan itu namanya sama?
    Saya pernah coba setting unifi baru dengan unifi controller melalui jaringan yang sama dengan unifi yang sudah dipasang sebelumnya, dan hasilnya semua SSID berubah dengan SSID unifi yang baru dipasang. Bagaimana solusinya gan?

    1. ya tujuan utama unifi controller kan memang seperti itu, agar kalau kamu punya banyak perangkat unifi cukup diseting dari pusat saja, nanti setingan nya didistribusikan ke semua perangkat yang terpasang.
      kalau kamu pengin tiap perangkat beda SSID maka bikin lah lebih dari satu wireless profile, nanti otomatis unifi akan memancarkan lebih dari satu SSID.

      tinggal kamu remot ke perangkat nya lalu matikan SSID yang tidak diinginkan di perangkat itu.

  9. Mas, saya sangat awam masalah jaringan. Saya baru beli unifi nanoHD. Untuk indikator lampunya menyala putih solid, tapi dari unifi controllernya no devices found. Perangkatnya tidak terdeteksi.

    1. dari perangkat sudah ok itu, lampu unifi nyala solid putih artinya siap untuk diadopt.
      sebenarnya di tutorial sudah dijelaskan dengan sangat detail dan jelas, default ip unifi adalah 192.168.1.20 ,jadi pasitkan komputer yang terinstall unifi controller bisa ngeping ke ip itu.
      caranya kasi aja komputer unifi controller ip kelas itu. misal 192.168.1.1

      baru diadopt. di artikel sudah dijelaskan kan. silakan dicek lagi

  10. min mau tanya, saya beli unifi ap ac lite sekitar 4 bln yang lalau saya beli 4 unit, diawal mengali kesulitan setting, tapi itu sudah bisa diatasi dan sampai sekarang ap berjalan dengan baik semuanya (4).
    3 hari yang lalau saya beli unifi yang sama 4 unit, setting sudah selesai sama dengan yang sebelumnya, tapi yg skrg ini sinya dari ap nya hilang terus, nama ssid nya. paling cuma 5 samapai 10 menit, udah gitu ilang aja. solusinya gmn ya ???

    1. coba dicek untuk AP yang baru apa uda seri AC. kalo uda seri AC kan dual band tuh. operasi do 5GHz dan 2.4 ,
      coba dicek untuk penggunaan /alokasi channel yang dipakai. pastikan kamu memilih channel yang disupport oleh HP mu.
      dan set juga powernya sapa tau terlalu lemah.

      yang kamu tidak kasih tau adalah, itu cuman 1 AP yang kaya gitu atau semua AP baru yang kamu beli begitu.
      kalau cuman 1 AP mungkin saja rusak/PoE nya gak stabil,coba ganti PoE lain.
      tapi kalau semuanya begitu coba dicek settingan AP nya dulu.

  11. Apakah pernah mengalami, jika AP Unifi di set stand alone untuk semua perangkat Handphone tipe Android bisa terkoneksi tapi saat sudah masuk ke controller ada beberapa perangkat Handphone type Android tidak bisa terkoneksi

    1. belum pernah gan,tapi coba dicek mode dan channel untuk P nya. karena ada model hp yang hanya bisa beroperasi di channel rendah(misal 1-4) dan dicek juga apakah sudah menggunakan standar wireless tipe B/G/N/AC.
      karena ada hp yang belum support wireless standar baru semisal hanya bisa B dan G saja.

  12. saya pakai routerboard .
    tapi masih bingung
    saya ingin men setting signal . di ap 1 besar dan di ap 2,3,4 kecil , contohnya begitu , jadi transmisi signal yg di kasih indihome paling besar ke ap 1 ,
    bagaimana .. komandan

    1. maaf saya tidak mengerti dengan yang anda maksud dan inginkan.
      tapi kalau yang anda maksud adalah kekuatan signal /power bisa diatur di menu properties untuk tiap2 AP melalui unifi controller
      cek di bagian “Mengatur Nama Perangkat ,Channel ,Signal Strength dan Mengganti IP UniFi”

  13. Om kenali nama saya Istiyarto, baru pertama kali ni saya pake unify.
    mo nanya, apakah komputer yang terinstall unifi kontroler harus stanby 24 jam?
    kalo misalnya dimatikan apakah harus mengulang mulai dari awal lagi (mereset AP nya lagi)
    terima kasih, kalo ada contact WA om boleh minta, ini WA saya 0895388259522
    terima kasih

    1. salam kenal juga Istiyarto, iya harus onlen 24jam, soalnya unifi settingan nya dinamik dan ngambil/nginduk ke unifi controller. kalau unifi controller gak ada/dimatikan maka unifinya terus nyari unifi controller dan akibatnya unifinya tidak melakukan apapun hingga terkonek ke unifi controller.
      yang ditandai dengan unifi tidak muncul SSID.
      beli saja unifi cloud key harga sejutaan kalau gak mau ribet, didalam unifi cloud keu sudah ada unifi controllernya.

  14. SELAMAT MALAM , TERIMAKSIH ATAS SEMUA YG DI ULAS DI UNIFI
    tapi saya belom jelas, dan belum memahami cara men setting .. mbps dari masing2 ap atau router.
    mohon di jelaskan cara setting nya

    1. malem, kalo yang anda maksud mbps adalah bandwidth, maka anda harus mengesetnya melalui perangkat yang disebut router.
      unifi disini hanya berperan sebagai pengganti kabel yang menghantarkan signal digital ke HP ataupun laptop yang menggunakan WiFi.
      jika anda ingin membatasi mbps/bandwidth maka anda bisa melakukan nya melalui alat lain yang disebut router,saya menggunakan mikrotik router untuk mengatur besar mbps/bandwidth yang bisa digunakan oleh client.
      semoga membantu..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas